Kompas.com - 28/10/2021, 07:47 WIB
Operasi caesar yang dipandang aman oleh sebagian orang, rupanya dapat memengaruhi sistem imun anak. Pasalnya, bayi yang dilahirkan melalui persalinan caesar tidak terpapar mikrobiota atau bakteri baik yang didapatkan dari jalan lahir atau vagina ibu. PEXELS/Jonathan Borba Operasi caesar yang dipandang aman oleh sebagian orang, rupanya dapat memengaruhi sistem imun anak. Pasalnya, bayi yang dilahirkan melalui persalinan caesar tidak terpapar mikrobiota atau bakteri baik yang didapatkan dari jalan lahir atau vagina ibu.

KOMPAS.com - Operasi caesar yang dipandang aman oleh sebagian orang, rupanya dapat memengaruhi sistem imun anak.

Pasalnya, bayi yang dilahirkan melalui persalinan caesar tidak terpapar mikrobiota atau bakteri baik yang didapatkan dari jalan lahir atau vagina ibu.

Menurut spesialis anak, konsultan alergi imunologi dr Molly Dumakuri Oktarina, SpA(K), pada proses kelahiran normal, janin akan dilahirkan melalui jalan lahir yang normal (vagina).

"Di jalan lahir itulah, terdapat mikrobiota komensal atau mikrobiota baik lactobacillus."

Demikian penjelasan Molly dalam webinar Bicara Gizi "Rencanakan Persalinan secara Matang dengan Tes Potensi Caesar", Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Ketahui Keuntungan Persalinan Caesar dengan Metode ERACS

"Bayi akan lebih kenal dengan mikrobiota tersebut dan perkembangan sistem imun akan baik."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, di saat seorang ibu memilih persalinan caesar, janin tidak melewati jalur lahir normal, melainkan melalui perut.

"Dalam proses kelahiran caesar, bayi tidak mengenal mikrobiota baik dan berkenalan dengan mikrobiota di kulit seperti staphilococcus."

"Mikrobiota ini adalah mikrobiota tidak baik yang menyebabkan terjadinya gangguan kolonisasi mikrobiota usus, sehingga risiko alergi meningkat pada bayi," tambah Molly.

Peran mikrobiota baik bagi sistem imun anak

Diterangkan Molly, mikrobiota baik berperan penting dalam perkembangan sistem imun alami dan sistem imun yang didapat pada bayi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.