Kompas.com - 28/10/2021, 18:50 WIB
Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat yang baik bagi kesehatan. UNSPLASH/TETIANA BYKOVETSCokelat hitam adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat yang baik bagi kesehatan.

KOMPAS.com – Daya ingat yang tajam dan konsentrasi tinggi mungkin merupakan dua hal yang penting ketika kita harus menyelesaikan banyak tugas dalam waktu terbatas.

Sayangnya seiring bertambahnya usia, daya ingat dan konsentrasi kita akan menurun. Padahal, berbagai hal seolah harus diselesaikan dengan cepat.

Ada banyak faktor yang berpengaruh pada menurunnya daya ingat, misalnya saja kurang tidur, kebiasaan multitasking, hingga asupan makanan yang kurang tepat.

Walau seolah tak berkaitan, tetapi ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu kita meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak untuk berkonsentrasi.

Nah berikut ini, ada lima makanan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang direkomendasikan oleh psikiater gizi dan anggota fakultas Harvard Medical School, Dr. Uma Naidoo. Apa saja?

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam sarat dengan antioksidan dan flavonoid kakao yang membantu menjaga kesehatan sel otak dan melawan radikal bebas. Bahkan faktanya, serat dalam cokelat membantu mengurangi peradangan otak dan mencegah penurunan kognitif.

Penelitian juga menunjukkan cokelat dengan 70 persen kakao bermanfaat bagi kesehatan otak.

Berry merah

Berry merah kaya akan antioksidan, fitonutrien, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup. Tak hanya itu, seratnya juga mampu membantu memberi makan mikroba usus untuk mengurangi peradangan otak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.