Kompas.com - 01/11/2021, 17:52 WIB

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias tentunya memerlukan perhatian yang baik seperti tingkat kelembapan, paparan sinar matahari, dan sebagainya.

Memang, tidak semua rumah memiliki pencahayaan yang baik dari sinar matahari, yang mungkin dapat membuat kita kesulitan untuk merawat tanaman hias di dalam rumah (indoor).

Namun, jangan khawatir. Sebab, saat ini kita bisa menemukan banyak tanaman hias cantik yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari untuk dapat bertahan hidup di dalam rumah.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bikin Kamar Tidur Terasa Lebih Menenangkan

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, penanam profesional dari Weatherlow Florals, Phoebe Poole, membagikan beberapa pilihan tanaman dengan cahaya rendah untuk ruangan yang kekurangan sinar matahari sebagai berikut.

1. Snake plant

Snake plant tetap bisa tumbuh dengan baik meski tidak mendapatkan pencahayaan secara langsung dari sinar matahari.

Daun runcingnya yang keren dan modern, dengan warna yang beraneka ragam akan semakin terlihat cantik jika ditempatkan di pot kecil atau pot besar.

"Siram ketika lapisan atas tanah benar-benar kering, yang biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga minggu," jelas Poole.

2. Spider plant

Kita mungkin pernah melihat daun beraneka ragam, yakni hijau atau hijau-putih dari tanaman gantung dengan cahaya rendah di dalam ruangan.

"Tanaman laba-laba (spider plant) tumbuh seperti rumput liar jika kita terus memangkasnya dan simpan piring di bawah pot dengan drainase untuk menghindari tanaman membusuk," kata dia.

Baca juga: Tips Mengembalikan Kesegaran Tanaman Lidah Buaya yang Layu

Poole juga menyarankan agar kita lebih baik memotong daun atau sulur yang sekarat karena tanaman akan memberikan lebih banyak energi untuk pertumbuhan baru daripada mencoba menjaga daun itu tetap hidup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.