Kompas.com - 06/11/2021, 15:20 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang menikmati camilan sembari menyetir dalam perjalanan jarak jauh agar tidak mengantuk.

Cara ini dianggap lebih efektif karena membuat mulut tetap bekerja sehingga konsentrasi terus terjaga. Pilihan camilannya juga bervariasi mulai dari permen, buah sampai makanan berat seperti ayam goreng.

Nancy Foldvary-Schaefer, DO, MS, pakar pengobatan gangguan tidur dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat menilai kebiasaan ini sebenarnya harus diwaspadai.

Apalagi jika kita tidak memperhatikan jenis makanan yang dinikmati dan dampaknya untuk tubuh.

Camilan yang mudah ditemukan di minimarket atau pom bensin seperti biskuit atau permen cenderung tinggi kadar gula dan karbohodrat. Hal ini akan membuat tubuh mengalami lonjakan gula dan karbohidrat yang bisa berdampak buruk pada respon tubuh ketika menyetir.

Baca juga: Tips Agar Tetap Melek Saat Menyetir dalam Perjalanan Jarak Jauh

“Begitu makanan tersebut bermetabolisme dan lonjakan gula dalam aliran darah Anda berkurang, rasa kantuk dapat meningkat lebih banyak lagi dan ini hanya menambah masalah,” kata Dr. Foldvary-Schaefer.

Camilan sehat ketika menyetir dalam perjalanan jauh

Kita cenderung menikmati camilan berupa jajanan kemasan atau makanan siap saji ketika menyetir jarak jauh. Jenis panganan ini memang lebih mudah dijumpai dan dibeli ketika di perjalanan.

Namun pilihan camilan ini sebenarnya tidak sehat dan bisa berbahaya bagi perjalanan kita. Dampaknya pada tubuh bisa membuat kita mudah lelah, mengantuk dan kehilangan konsentrasi yang tentuna berisiko untuk keselamatan.

Sebagai alternatif, ada pilihan camilan yang lebih baik ketika ingin mengudap di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Biskuit Jadi Pilihan Camilan Favorit Masyarakat Indonesia

Buah segar

Buah segar tidak hanya bergizi namun juga mudah dibawa dan dimakan di perjalanan. Pilihan buah yang direkomendasikan misalnya apel, stroberi, jeruk dan pisang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.