Kompas.com - 07/11/2021, 08:57 WIB
Ilustrasi anak minum susu SasiistockIlustrasi anak minum susu
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Bagi mereka yang tengah berusaha menurunkan berat badan dengan serius, susu terkadang dianggap sebagai salah satu musuh utama.

Memang, susu itu menyehatkan. Namun, susu mengandung lemak, makronutrien yang berhubungan dengan penambahan berat badan, membuat banyak orang takut mengonsumsinya.

Tapi, apakah kita benar-benar perlu menghindarinya?

Untuk menjawabnya, kita harus memahami terlebih dahulu kandungan susu.

Susu rupanya mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori, dua faktor yang tidak dapat diabaikan dalam hal penurunan berat badan.

Nah, 250 ml susu murni (1 cangkir) mengandung hampir 5 gram lemak dan 152 kalori. Karena itulah orang yang melakukan diet rendah kalori menghindari susu dan produk berbasis susu dalam diet mereka.

Lalu, apa kandungan susu di atas berpengaruh pada penambahan berat badan?

Jawabannya, tidak. Bahkan faktanya, susu dapat membantu penurunan berat badan.

Baca juga: Agar Tak Mudah Gemuk, Simak Tips Sehat Minum Susu

Susu merupakan minuman sehat dan sumber protein berkualitas tinggi, dan keduanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pertumbuhan otot.

Tak hanya itu, susu juga mengandung cukup banyak nutrisi seperti seng, magnesium, kalsium, vitamin B12 dan vitamin D yang dapat membantu memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan metabolisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.