Kompas.com - 08/11/2021, 17:53 WIB

KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang mudah dilatih. Mereka bisa memahami tiap instruksi yang disampaikan lewat ucapan maupun gerakan oleh pemiliknya.

Karena hal itu, kebanyakan pemilik anjing melatih hewan kesayangannya dengan sejumlah keterampilan ketika masih kecil, setidaknya saat anjing berusia di bawah satu tahun.

Walau di usia itu rata-rata anak anjing masih suka bermain-main, pemilik sebagai "orangtua" mereka sebaiknya mengajari anak anjing keterampilan-keterampilan dasar, seperti cara duduk dan diam.

Jodie Havens, seorang pakar pelatihan PetSmart memberikan sejumlah tips kepada para pemilik anjing agar hewan kesayangan mereka bisa memahami instruksi dan keterampilan-keterampilan tertentu.

Havens yang sudah mengantongi Certified Professional Dog Trainer-Knowledge and Skills Assessed atau CPDT-KSA mengatakan, konsistensi adalah kunci utama saat mengajari anak anjing.

"Khusus untuk anak anjing, segera setelah mereka dapat membuka mata dan berjalan-jalan, pemilik hewan peliharaan dapat memulai latihan buang air besar/ kecil," kata Havens.

"Beberapa anak anjing mungkin lebih lama dari yang lain untuk menguasai keterampilan, jadi penting untuk konsisten, menggunakan penguatan positif, dan bersabar," tambahnya.

Pakar lainnya, Dr. Annie Valuska, Ph.D yang merupakan ahli senior feeding behavior di Purina menambahkan, langkah mengajari keterampilan untuk anak anjing haruslah dimulai dari rumah.

"Untuk anak anjing, fokus pelatihan tidak saja pada perintah belajar dan lebih pada memastikan bahwa kita menyediakan lingkungan yang akan meletakkan dasar untuk sosialisasi, perilaku, dan komunikasi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa semakin banyak orang, tempat, dan hal-hal baru lainnya yang dilihat anak anjing selama umur 8-16 bulan merupakan sesuatu yang baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.