Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Perlu Diajarkan pada Anak Anjing sebelum Berusia 1 Tahun

Kompas.com - 08/11/2021, 17:53 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang mudah dilatih. Mereka bisa memahami tiap instruksi yang disampaikan lewat ucapan maupun gerakan oleh pemiliknya.

Karena hal itu, kebanyakan pemilik anjing melatih hewan kesayangannya dengan sejumlah keterampilan ketika masih kecil, setidaknya saat anjing berusia di bawah satu tahun.

Walau di usia itu rata-rata anak anjing masih suka bermain-main, pemilik sebagai "orangtua" mereka sebaiknya mengajari anak anjing keterampilan-keterampilan dasar, seperti cara duduk dan diam.

Jodie Havens, seorang pakar pelatihan PetSmart memberikan sejumlah tips kepada para pemilik anjing agar hewan kesayangan mereka bisa memahami instruksi dan keterampilan-keterampilan tertentu.

Havens yang sudah mengantongi Certified Professional Dog Trainer-Knowledge and Skills Assessed atau CPDT-KSA mengatakan, konsistensi adalah kunci utama saat mengajari anak anjing.

"Khusus untuk anak anjing, segera setelah mereka dapat membuka mata dan berjalan-jalan, pemilik hewan peliharaan dapat memulai latihan buang air besar/ kecil," kata Havens.

"Beberapa anak anjing mungkin lebih lama dari yang lain untuk menguasai keterampilan, jadi penting untuk konsisten, menggunakan penguatan positif, dan bersabar," tambahnya.

Pakar lainnya, Dr. Annie Valuska, Ph.D yang merupakan ahli senior feeding behavior di Purina menambahkan, langkah mengajari keterampilan untuk anak anjing haruslah dimulai dari rumah.

"Untuk anak anjing, fokus pelatihan tidak saja pada perintah belajar dan lebih pada memastikan bahwa kita menyediakan lingkungan yang akan meletakkan dasar untuk sosialisasi, perilaku, dan komunikasi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa semakin banyak orang, tempat, dan hal-hal baru lainnya yang dilihat anak anjing selama umur 8-16 bulan merupakan sesuatu yang baik.

Alasannya, anak anjing akan mengerti bahwa dunia adalah tempat yang menyenangkan bagi mereka.

"Dan bahwa keluarga manusia mereka adalah tempat yang aman untuk dijelajahi. Anjing pun cenderung lebih mudah dilatih," jelas Valuska.

Setiap anak anjing tentu memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Beberapa anak anjing mungkin akan mengikuti pelatihan lebih cepat daripada yang lain.

Namun, hal ini disebut Valuska bukanlah masalah besar dan tidak apa-apa jika anak anjing membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami perilaku dan instruksi yang diberikan.

Baca juga: Bisa Dicoba, Cara Melatih Anak Anjing agar Berani Naik-Turun Tangga

Latihan keterampilan anak anjing berdasarkan usia

Bila ingin anak anjing bisa memahami suatu instruksi dan keterampilan dasar dengan baik, kita sebaiknya perlu menyesuaikan pelatihan yang diberikan sesuai usia anak anjingmu. Berikut cara yang sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com