Kompas.com - 08/11/2021, 20:17 WIB
Ilustrasi putus hubungan. FREEPIKIlustrasi putus hubungan.

KOMPAS.com – Tentu tak ada satu orang pun yang ingin dianggap gagal saat menjalani suatu hubungan romansa. Namun, bagaimana jika kegagalan itu malah membuat hubungan kita semakin kuat?

Ya, menurut coach hubungan Keith Dent bersertifikat dari The Institute for Professional Empowerment Coaching (IPEC), sebelum menemukan jodoh, kita akan gagal dan patah hati, setidaknya dua kali.

Jadi, Dent berpendapat bahwa kegagalan itu bukanlah opsi, melainkan hal yang tak bisa kita hindari saat mencari belahan jiwa.

Lantas, bagaimana kegagalan dapat membuat hubungan semakin kuat? Simak tips berikut ini.

Baca juga: Mari Pahami soal Ketakutan Berkomitmen dalam Hubungan

1. Gagal dengan cepat

Seseorang dalam hubungan yang berpusat pada ego biasanya didorong oleh faktor eksternal.
Oleh karena itu, mereka akan mengatakan dan melakukan apa pun yang membuat mereka terlihat baik, atau melakukan hal berlebihan untuk membuktikan nilai mereka dalam suatu hubungan.

Padahal, orang yang melakukan itu nyatanya kurang percaya diri dan cinta diri yang pada akhirnya bisa mengarah pada akhir suatu hubungan.

Nah, dengan gagal dengan cepat, kita bisa mendapatkan feedback yang jujur dari pasangan, guna membantu kita menyadari bahwa meski tidak sempurna, kita pantas dicintai.

Baca juga: 15 Tanda Kamu Tidak Jatuh Cinta, Hanya Takut Jadi Jomblo

2. Gagal dengan “murah”

Dengan kata lain, tanyakan atau coba buat situasi untuk “mengetes” pasangan dan perhatikan bagaimana cara mereka menghadapinya saat konsekuensi dari kegagalan itu tidak terlalu parah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Your Tango
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.