Kompas.com - 13/11/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kualitas tidur yang baik setiap malam sangat penting untuk membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Tetapi, sayangnya, tidur terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan otak karena dapat menurunkan fungsi kognitif dan menimbulkan beberapa kondisi, seperti penyakit alzheimer.

Baru-baru ini, para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington menerbitkan sebuah makalah yang menunjukkan, tidur terlalu lama tidur telah dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif.

Dalam penelitian tersebut, mereka mengamati rata-rata 100 orang dewasa yang lebih tua di pertengahan hingga akhir 70-an, dan melacak selama antara 4-5 tahun.

Baca juga: Waspadai, Alkohol adalah Pemicu Masalah Kepikunan

Pada saat penelitian berlangsung, 88 orang tidak menunjukkan tanda-tanda demensia.

Sementara, 12 orang menunjukkan tanda-tanda gangguan kognitif (satu dengan demensia ringan dan 11 dengan tahap pra-demensia gangguan kognitif ringan).

Sepanjang penelitian, peserta diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes kognitif dan neuropsikologis biasa untuk mencari tanda-tanda penurunan kognitif atau demensia.

Skor dari tes ini kemudian digabungkan menjadi satu skor, yang disebut skor Preclinical Alzheimer Cognitive Composite (PACC).

Semakin tinggi skor, semakin baik kognisi peserta dari waktu ke waktu.

Sedangkan untuk proses tidur diukur menggunakan perangkat ensefalografi elektroda tunggal (EEG), yang dikenakan peserta di dahi mereka saat tidur, dengan total antara 4-6 malam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.