Kompas.com - 17/11/2021, 17:53 WIB
Diabetes memang dikenal sebagai penyakit yang mengundang beragam komplikasi, salah satunya ada risiko kebutaan pada pengidapnya. PEXELS/ Ksenia Chernaya Diabetes memang dikenal sebagai penyakit yang mengundang beragam komplikasi, salah satunya ada risiko kebutaan pada pengidapnya.

KOMPAS.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan komplikasi, termasuk serangan jantung, stroke, hingga infeksi kaki yang berat.

Tak hanya itu, penyakit ini juga disebut bisa menyerang mata melalui pembuluh darah.

Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, maka efek dari serangan itu dapat menyebabkan kebutaan.

Baca juga: Cegah Komplikasi, Penyandang Diabetes Harus Kontrol Gula Darah

Dokter spesialis mata di JEC Eye Hospitals and Clinics, Dr Referano Agustiawan, SpM(K) mengatakan, diabetes biasanya akan menyerang mata lewat pembuluh darah di retina.

"Beberapa penyakit mata yang sering kali muncul pada penderita diabetes itu ada glukoma, katarak, dan retinopati diabetik."

Demikian penjelasan Referano dalam virtual media session World Diabetes Day 2021, Selasa (16/11/2021) kemarin.

"Tetapi, yang paling parah dan bisa menyebabkan kerusakan pada retina maupun kebutaan itu adalah katarak dan retinopati diabetik," sambung dia.

Menurut Dr Rano -demikian dia biasa disapa, kebanyakan penderita diabetes sangat rentan untuk terkena masalah atau gangguan pada mata.

Bahkan, penderita diabetes itu 25 kali lebih tinggi risikonya mengalami kebutaan akibat masalah ini.

Meski demikian, katarak masih dapat disembuhkan melalui operasi dalam kurun waktu 15-20 menit dengan luka yang sangat kecil tanpa memerlukan perawatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.