Kompas.com - 20/11/2021, 15:51 WIB

KOMPAS.com – Kerahasiaan kata sandi atau password merupakan hal yang krusial. Sebab, kata sandi tidak saja berfungsi membatasi akses masuk ke sebuah akun, namun juga menjaga kerahasiaan informasi dan data.

Karena alasan inilah, banyak orang kemudian membuat kombinasi kata sandi yang rumit agar tidak mudah diretas.

Mereka menggabungkan tanggal kelahiran, nomor favorit, kombinasi huruf, angka, dan karakter, hingga istilah-istilah unik untuk membuat kata sandi yang rumit.

Meski begitu, tetap saja ada orang yang tidak mau ambil pusing saat membuat kata sandi.

Mereka yang merasa kebingungan atau takut lupa kata sandi, lantas membuat kombinasi yang mudah ditebak dan sangat sederhana, yang tanpa disadari ternyata juga banyak dipakai oleh orang lain.

Kombinasi kata sandi yang mudah ditebak ini dirangkum oleh NordPass, yang merupakan perusahaan pengelola kata sandi dan keamanan siber.

Baru-baru ini, NordPass menerbitkan studi mengenai kata sandi paling umum di AS pada tahun 2021. Dan, hasilnya beberapa mungkin sudah bisa kamu tebak sendiri.

Lalu, apa saja daftar kata sandi paling banyak digunakan?

Bercokol di posisi teratas, terdapat kombinasi kata sandi “123456”. NordPass menyebut kombinasi kata sandi enam digit ini membuat AS berada di urutan teratas negara yang paling sering dibobol kata sandinya.

Beranjak ke peringkat kedua, terdapat kata sandi “password”, yang kemudian diikuti oleh "123456789" dan "password1" di daftar 10 besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.