Kompas.com - 23/11/2021, 11:47 WIB
Ilustrasi anjing bermain di taman rumahIlustrasi anjing bermain di taman rumah Unsplash/Joe CaioneIlustrasi anjing bermain di taman rumahIlustrasi anjing bermain di taman rumah

KOMPAS.com – Pernahkah kamu melihat mata anjing peliharaanmu tiba-tiba berwarna merah selama satu atau beberapa hari?

Sebagai pemilik anjing, tentunya hal ini pernah kamu temui.

Mata merah atau yang dalam istilah medis disebut konjungtivitis merupakan gangguan kesehatan pada bola mata yang bisa membuat mata anjing mengeluarkan air bahkan bengkak.

Dr. Sabrina Kong, penulis di WeLoveDoodles menerangkan, konjungtivitis pada anjing disebabkan infeksi mata yang mempengaruhi selaput bening (konjungtiva) sehingga menutupi mata dan kelopak mata anjing.

Sementara, Dr. Sarah Wooten yang sehari-hari bekerja sebagai dokter hewan di Pumpkin Pet Insurance menambahkan, konjungtivitis pada anjing terjadi karena selaput bening bengkak dan berwarna merah saat mengalami peradangan.

Fungsi selaput lendir di mata anjing memang penting. Menurut Dr. Chryle Bonk, seorang dokter hewan yang bekerja di Doggie Designer, membran selaput bening di mata anjing berguna sebagai penghalang infeksi dan benda asing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Konjungtiva juga dapat melumasi dan membersihkan mata dengan mengeluarkan lendir,” kata Bonk.

Gejala konjungtivitis

Ada beberapa gejala yang bisa dilihat saat anjing mengalami konjungtivitis.

Dr. Sara Ochoa, konsultan dokter hewan di Dog Lab mengatakan, konjungtivitis dapat dilihat secara jelas pada anjing lewat gejala mata berwarna merah, bengkak, dan mengeluarkan sedikit cairan.

“Sebagian besar gejala infeksi mata sangat mudah dilihat,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Dodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.