Kompas.com - 23/11/2021, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai cara agar tidak overthinking yang dapat dicoba, termasuk fokus menyelesaikan masalah, praktik mindfulness, dan mencari pengalihan.

Terlalu banyak berpikir atau overthinking adalah kondisi yang banyak dialami. Namun, jika dibiarkan berkepanjangan, overthinking dapat mengganggu kesejahteraan diri kita.

Menurut Forbes, memikirkan kekurangan atau kesalahan yang sama terus-menerus dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.

Ketika kesehatan mental menurun, kita cenderung semakin banyak berpikir dan pada akhirnya masuk ke dalam lingkaran setan yang sulit diputus.

Tak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa overthinking biaa menyebabkan tekanan emosional yang serius.

Untuk menghindari tekanan itu, banyak orang menggunakan strategi pengalihan yang tidak sehat, misalnya minum alkohol atau makan makanan tidak sehat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari, dan lebih luas lagi, kita perlu mencari tahu cara agar tidak overthinking yang paling efektif bagi diri kita sendiri.

Baca juga: Tanda Kecemasan yang Memerlukan Bantuan Medis

Cara agar tidak overthinking

Berikut sejumlah cara agar tidak overthinking yang dapat kita praktikkan:

1. Menyadari ketika berpikir terlalu banyak

kesadaran adalah langkah penting pertama jika mencari cara agar tidak overthinking. Ketika menyadari bahwa kita terus-menerus memutar ulang peristiwa di pikiran atau mengkhawatirkan hal yang sama padahal tidak bisa kita kendalikan, akui bahwa itu adalah pikiran yang tidak produktif.PIXABAY/WHOISMARGOT kesadaran adalah langkah penting pertama jika mencari cara agar tidak overthinking. Ketika menyadari bahwa kita terus-menerus memutar ulang peristiwa di pikiran atau mengkhawatirkan hal yang sama padahal tidak bisa kita kendalikan, akui bahwa itu adalah pikiran yang tidak produktif.

Psikoterapis, pembicara, dan penulis 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin menulis di laman Forbes bahwa kesadaran adalah langkah penting pertama jika mencari cara agar tidak overthinking.

Ketika menyadari bahwa kita terus-menerus memutar ulang peristiwa di pikiran atau mengkhawatirkan hal yang sama padahal tidak bisa kita kendalikan, akui bahwa itu adalah pikiran yang tidak produktif.

Baca juga: Ini Manfaat dan Cara Memiliki Growth Mindset

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.