Kompas.com - 23/11/2021, 13:37 WIB
Ilustrasi PEXELS/RODNAE PRODUCTIONIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki pasangan yang gemar menonton pertandingan olahraga memberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihannya, kita kemungkinan akan diajak menikmati pertandingan tersebut termasuk ikut mendukung jagoan favoritnya. Namun, kekurangannya adalah kita harus mengantisipasi ketika pasangan mendadak sedih dan bad mood setelah idola atau tim andalannya kalah bertanding.

Perasaan negatif tersebut bisa sangat mempengaruhi aktivitas pasangan termasuk caranya berinteraksi dengan kita. Hal tersebut bahkan bisa bertahan berhari-hari, khususunya ketika tim favoritnya kalah dalam pertandingan besar atau krusial.

Baca juga: MU Kalah Melulu, Suami Jadi Bad Mood, Normalkah?

Kondisi ini dikenal pula dengan nama sports fan depression yang dianggap sebagai hal normal dalam dunia psikologi. Namun bukan berarti kondisi ini harus terus-menerus dibiarkan begitu saja.

Cara menghibur pasangan yang sedih ketika tim olahraga favoritnya kalah

Kesedihan yang dirasakan pasangan kita ketika tim olahraga favoritnya kalah adalah hal yang normal. Hal ini menunjukkan keterikatan yang dirasakannya dengan idolanya itu.

Dampaknya pada emosional bisa sangat bervariasi termasuk perasaan putus asa, kesedihan, marah dan isolasi sosial. Perilaku pasangan bisa menjadi sangat menyebalkan, sendu bahkan sulit berkonsentrasi pada apa yang dikerjakannya.

Ada baiknya kita berusaha menghiburnya agar suasana hati yang buruk itu tak bertahan lama.

Berikut cara mudahnya:

Sediakan menu makanan favorit

Buat menu makanan favorit pasangan sebelum pertandingan olahraga yang dinantikan dimulai. Jika timnya menang, tawarkan makanan tersebut sebagai perayaan kemenangan.

Apabila idolanya kalah, sajikan camilan atau makanan tersebut sebagai hadiah penghiburan baginya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.