Kompas.com - 24/11/2021, 12:03 WIB
Beberapa orang mencari tahu mengapa dirinya kerap menangis tiba-tiba. Perlu diketahui bahwa menangis adalah respons emosional umum dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, menangis tiba-tiba atau tidak terkontrol bisa melelahkan secara emosional dan fisik, serta bisa berdampak pada aktivitas harian. PEXELS/LIZA SUMMERBeberapa orang mencari tahu mengapa dirinya kerap menangis tiba-tiba. Perlu diketahui bahwa menangis adalah respons emosional umum dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, menangis tiba-tiba atau tidak terkontrol bisa melelahkan secara emosional dan fisik, serta bisa berdampak pada aktivitas harian.

KOMPAS.com - Beberapa orang mencari tahu mengapa dirinya kerap menangis tiba-tiba.

Perlu diketahui bahwa menangis adalah respons emosional umum dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Namun, menangis tiba-tiba atau tidak terkontrol bisa melelahkan secara emosional dan fisik, serta bisa berdampak pada aktivitas harian.

Kenapa kita menangis tiba-tiba juga bisa disebabkan kondisi kesehatan mental, seperti burnout, kecemasan, atau depresi, serta bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon atau kondisi neurologis.

Mengetahui penyebab kenapa kita menangis tiba-tiba bisa membantu dalam mencari solusinya, termasuk jika ada masalah kesehatan yang perlu ditangani lebih lanjut.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Stres, Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kenapa kita menangis tiba-tiba

Berikut beberapa penjelasan kenapa kita menangis tiba-tiba atau tanpa alasan:

1. Menstruasi

Sebuah studi di 2013 melaporkan sebanyak 75 persen wanita usia reproduksi mengalami PMS. Jadi, kenapa kita menangis tiba-tiba bisa saja disebabkan karena PMS.FREEPIK Sebuah studi di 2013 melaporkan sebanyak 75 persen wanita usia reproduksi mengalami PMS. Jadi, kenapa kita menangis tiba-tiba bisa saja disebabkan karena PMS.
Menurut Medical News Today, perubahan hormon selama menstruasi bisa menyebabkan gejala emosional dan fisik. Dokter menyebut gejala ini secara kolektif sebagai sindrom pramenstruasi (PMS).

Sebuah studi di 2013 melaporkan sebanyak 75 persen wanita usia reproduksi mengalami PMS.

Jadi, kenapa kita menangis tiba-tiba bisa saja disebabkan karena PMS.

Beberapa gejala terkait yang juga mungkin terjadi antara lain depresi atau perasaan sedih, kecemasan, perilaku lekas marah atau bermusuhan, serta perubahan suasana hati.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.