Kompas.com - 02/11/2021, 09:25 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dikonsumsi demi meredakan gejalanya.

Nyeri haid sangatlah mengganggu aktivitas. Jika terjadi di malam hari, nyeri haid juga bisa membuat kita sulit tertidur.

Ahli gizi dari Mountainside, Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN menjelaskan kepada Bustle, tepat sebelum haid tiba, sel-sel yang membentuk lapisan di rahim mulai memproduksi prostaglandin. Ini merupakan bahan kimia hormon yang berkaitan dengan respons peradangan tubuh.

Selama haid, prostaglandin dilepaskan saat sel-sel rusak di lapisan rahin. Prostaglandin juga terlibat dalam menyempitkan pembuluh darah di rahim dan memicu kontraksi otot rahim.

Semakin banyak prostaglandin yang kita miliki, semakin parah kemungkinan nyeri atau kram haid yang dirasakan.

Meski ada beberapa obat di pasaran yang dapat dikonsumsi, beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid juga dapat dicoba sebagai solusi yang lebih alami.

Baca juga: 7 Makanan yang Bantu Melancarkan Haid

Minuman untuk menghilangkan nyeri haid

Berikut beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dicoba:

1. Air putih

Minum air putih dalam jumlah cukup tidak hanya mengurangi kembung dan menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga dapat mempersingkat periode haid.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Minum air putih dalam jumlah cukup tidak hanya mengurangi kembung dan menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga dapat mempersingkat periode haid.
Tak sedikit wanita berpikir minum air putih saat menstruasi bakal menyebabkan kembung. Padahal, air pada dasarnya adalah obat mujarab untuk semua permasalahan ketika haid.

Minum air putih dalam jumlah cukup tidak hanya mengurangi kembung dan menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga dapat mempersingkat periode haid.

Baca juga: Berapa Banyak Harus Minum Air Putih untuk Ginjal yang Sehat?

2. Teh peppermint

Teh peppermint juga nikmat dan karena merupakan bahan herbal, minuman untuk menghilangkan nyeri haid ini tidak mengandung kafein yang dapat mengganggu sistem.UNSPLASH/WESUAL CLICK Teh peppermint juga nikmat dan karena merupakan bahan herbal, minuman untuk menghilangkan nyeri haid ini tidak mengandung kafein yang dapat mengganggu sistem.
Beberapa penelitian menemukan bahwa mentol dalam peppermint dapat menbantu melemaskan otot rahim, sehingga mengurangi kejang yang menyebabkan kram haid.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.