Kompas.com - 04/10/2021, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Manfaat teh hijau untuk kesehatan sudah banyak dikenal luas sejak dulu. Sejumlah penelitian mengungkapkan, minum teh hijau mungkin dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan kulit, menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan lainnya.

Menurut Medical News Today, semua jenis teh, kecuali teh herbal, diseduh dari daun kering semak Camellia sinensis. Tingkat oksidasi daun menentukan jenis teh.

Teh hijau terbuat dari daun yang tidak teroksidasi dan merupakan salah satu jenis teh yang paling minim proses.

Untuk itu, teh hijau mengandung antioksidan paling tinggi dan polifenol yang bermanfaat.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Berikut sejumlah manfaat teh hijau untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin:

1. Teh hijau memberi efek menenangkan

Salah satu manfaat teh hijau termasuk memberikan efek menenangkan.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Salah satu manfaat teh hijau termasuk memberikan efek menenangkan.
Minum teh hijau dapat membantu tubuh kita untuk lebih rileks. Menurut WebMD, ini sebabkan kandungan kimia alami L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau dapat memberikan kita efek menenangkan.

Sementara itu, menurut Everyday Health, minum teh hijau dapat membantu mengurangi gejala gangguan terkait kecemasan, seperti kecemasan umum, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan kecemasan sosial.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada Oktober 2017 di Phytomedicine mengutip penelitian yang menunjukkan kafein dan asam amino L-theanine bekerja sama untuk menurunkan kecemasan dan memengaruhi fungsi otak lainnya, termasuk memori dan perhatian.

Baca juga: Cara Membiasakan Berpikir Positif untuk Mengatasi Kecemasan

2. Teh hijau membantu meningkatkan fungsi otak

Selain membuat kita lebih segar, manfaat minum teh hijau juga termasuk meningkatkan fungsi otak karena kandungan kafeinnya yang dikenal sebagai stimulan.PEXELS/ANNA SHVETS Selain membuat kita lebih segar, manfaat minum teh hijau juga termasuk meningkatkan fungsi otak karena kandungan kafeinnya yang dikenal sebagai stimulan.
Selain membuat kita lebih segar, manfaat minum teh hijau juga termasuk meningkatkan fungsi otak karena kandungan kafeinnya yang dikenal sebagai stimulan.

Meski kafein dalam teh hijau tidak setinggi dalam kopi, namun kafeinnya cukup untuk memproduksi respons tanpa menyebabkan efek gelisah yang biasanya ditimbulkan karena terlalu banyak konsumsi kafein.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.