Kompas.com - 12/01/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami siklus haid yang tak teratur. Ada yang cepat atau mungkin lebih lambat dari biasanya.

Beberapa faktor seperti tingkat stres yang tinggi, kebiasaan makan tidak teratur, kurangnya aktivitas fisik, dan perubahan hormon dapat menjadi penyebabnya.

Oleh sebab itu, mengubah gaya hidup yang lebih sehat adalah salah satu cara paling aman untuk mengatur siklus haid secara alami.

Nah, di samping gaya hidup yang sehat, berikut ini juga terdapat sejumlah makanan yang secara alami dapat membuat haid menjadi lebih lancar dan teratur.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Wanita Terlambat Haid

1. Pepaya

Pepaya dianggap sebagai obat alami untuk membuat siklus haid lebih lancar. Buah ini kaya akan sumber karoten, sehingga dapat membantu mempercepat produksi estrogen dalam tubuh, dan mampu menginduksi haid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, pepaya diketahui menyebabkan kontraksi di dalam rahim dan membantu menumpahkan lapisan rahim, yang dapat membawa siklus haid datang lebih awal.

Kemampuannya yang kuat untuk mengatur menstruasi adalah alasan mengapa wanita hamil diminta untuk pantang makan pepaya, terutama pada bulan-bulan awal.

Maka dari itu, untuk mengatur siklus haid lebih lancar, kita bisa mengonsumsi pepaya secara rutin. Jus pepaya atau ekstraknya juga bermanfaat.

Baca juga: Fakta Nutrisi Pepaya

2. Kurma

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.