Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2021, 13:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Sistem kekebalan adalah jaringan sel dan molekul yang sangat kompleks, yang bekerja bersama dengan semua bagian tubuh untuk merespons virus, patogen, dan berbagai gangguan lainnya terhadap antibodi atau sel pertahanan.

Tidak mudah untuk menentukan secara pasti apa yang harus dimakan atau diminum untuk membuatnya lebih kuat. Itulah sebabnya, diet makanan utuh yang lengkap dengan sayuran segar, buah-buahan, dan biji-bijian adalah kuncinya.

Selain diet seimbang, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, penting juga untuk menghindari kebiasaan minum yang merusak kekebalan sambil menerapkan kebiasaan minum yang sehat.

Nah, berikut adalah beberapa minuman dan manfaat minum yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat.

1. Tetap terhidrasi

Minum cukup air setiap hari sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Ini adalah langkah termudah dan terpenting yang dapat kita ambil setiap hari untuk melindungi diri dari penyakit, selain mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap malam.

"Air mendukung proses detoksifikasi tubuh dan oksigenasi darah," kata ahli gizi terdaftar dan pendiri Mea Nutrition, Isa Kujawski, RDN, MPH.

"Air diperlukan untuk menghasilkan getah bening, kendaraan yang digunakan sel darah putih dan sel kekebalan diangkut ke seluruh tubuh untuk menghancurkan bakteri, virus, dan penyerbu asing lainnya," sambung dia.

Di samping itu, air juga sangat penting untuk pencernaan, yang memungkinkan tubuh menyerap nutrisi pendukung kekebalan seperti vitamin C.

Baca juga: Berapa Banyak Harus Minum Air Putih untuk Ginjal yang Sehat?

2. Mengonsumsi teh herbal

Menurut spesialis pengobatan regeneratif, Carrie Lam, MD dan Dr Lam Coaching, teh herbal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita sekaligus menurunkan peradangan akibat respons kekebalan yang terlalu reaktif berkat vitamin C, D-limonene, vitamin A, katekin, dan quercetinnya.

Adapun jenis-jenis teh herbal terbaik yang dapat kita konsumsi, termasuk teh dandelion dan rosehip.

• Teh dandelion

Dokter Lam mengatakan bahwa beberapa penelitian menunjukkan teh dandelion membantu membersihkan racun dari tubuh, sehingga membantu sistem kekebalan mengatasi infeksi.

Tetapi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya karena dandelion adalah diuretik kuat yang dapat berinteraksi dengan obat lain.

• Teh rosehip

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com