Kompas.com - 27/11/2021, 11:49 WIB
Ilustrasi minyak goreng SHUTTERSTOCKIlustrasi minyak goreng

KOMPAS.com - Minyak goreng menjadi kebutuhan utama seiring dengan tingginya konsumsi gorengan di kalangan masyarakat Indonesia.

Makanan yang digoreng dianggap lebih lezat karena rasanya yang gurih dan renyah. Hampi semua jenis pangan bisa digoreng mulai dari ayam, telur sampai sayuran.

Berbagai gorengan tersebut bisa dinikmati sebagai lauk utama maupun camilan di sela-sela aktivitas harian. Kebiasaan ini memang berpengaruh buruk pada kesehatan karena dapat memicu obesitas dan kolestrol tinggi.

Oleh sebab itu, kini banyak masyarakat yang beralih menggunakan air fryer agar bisa menggoreng makanan tanpa minyak goreng.

Baca juga: 5 Alternatif Memasak Tanpa Menggoreng, Lebih Sehat dan Tak Kalah Lezat

Hanya saja, cara ini memang belum terlalu populer dibandingkan menggoreng dengan minyak goreng.

Memilih minyak goreng yang aman untuk dikonsumsi

Minyak goreng mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolestrol darah. Akibatnya, kondisi ini dapat menjadi sumber berbagai penyakit mulai dari jantung, stroke sampai kolestrol tinggi.

Makanan yang diolah dengan minyak goreng mengandung banyak lemak tersebut sehingga kalorinya juga lebih tinggi.

Maka dari itu, penting sekali untuk memilih jenis minyak goreng yang aman dan berkualitas untuk memasak pangan di rumah.

Dikutip dari akun Instagram Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ada sejumlah pertimbangan untuk memilih minyak goreng yang bermutu.

Baca juga: Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat? Ini Penjelasannya

Pertama adalah karakter sensorik dari minyak goreng tersebut misalnya warna dan aroma minyak goreng yang tergolong normal dan tidak menyimpang. Contohnya aromanya tidak tengik dan warnanya kuning alami.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.