Kompas.com - 29/11/2021, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menemukan, orang-orang yang mengalami masalah kecemasan sosial, ternyata berpotensi besar mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan akademisnya.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Medicine ini mengamati orang dewasa muda yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan sosial (SAD).

Gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial adalah ketakutan akan situasi sosial yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Dalam riset ini dipantau kemampuan mereka dalam hal-hal akademik.

Mulai dari kemampuan menyelesaikan semua tugas mata pelajaran sekolah menengah, atau pun kesanggupan masuk ke perguruan tinggi.

Baca juga: 3 Cara Sederhana untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Ini merupakan penelitian pertama yang melibatkan peserta yang lahir antara tahun 1973 dan 1997, dengan total jumlah kelompok responden terakhir mencapai lebih dari dua juta orang.

Dari jumlah itu, diketahui lebih dari 15.000 orang didiagnosis menderita SAD.

Para peneliti menemukan, mereka yang memiliki SAD lebih kecil kemungkinannya untuk lulus pada semua 16 mata pelajaran wajib, dibandingkan dengan peserta lain yang normal.

Mereka juga cenderung tidak memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk melanjutkan ke universitas atau perguruan tinggi.

Temuan ini ingin menyadarkan orangtua dan pendidik, tentang keberadaan anak dan remaja yang menderita SAD.

Halaman:
Sumber PsyPost


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.