Kompas.com - 01/12/2021, 19:45 WIB
Membangun kebiasaan yang baik juga tidak mudah dan membutuhkan usaha, serta wawasan yang lebih luas. Namun demikian ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapainya. PEXELS/Anastasia Shuraeva Membangun kebiasaan yang baik juga tidak mudah dan membutuhkan usaha, serta wawasan yang lebih luas. Namun demikian ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapainya.

KOMPAS.com - Sebagian besar orang menganggap bahwa figur-figur yang berprestasi tinggi, selalu mengonsumsi makanan sehat.

Banyak pula yang beranggapan bahwa melakukan segala hal baik harus memiliki pengendalian diri yang luar biasa.

Tetapi, menurut seorang ekonom dan profesor di The Wharton School of the University of Pennsylvania, Katy Milkman, semuanya sering kali "hanya" berasal dari kebiasaan baik yang sudah lama ditanamkan dalam diri.

Maka, tidak heran jika orang-orang dengan kebiasaan baik jarang harus menahan godaan untuk bermalas-malasan, memesan makanan yang tidak sehat, atau menunda-nunda pekerjaan.

Baca juga: 5 Tips Bikin Hidup Jadi Lebih Bahagia, Mau Tahu?

Kendati demikian, membangun kebiasaan yang baik juga tidak mudah dan membutuhkan usaha, serta wawasan yang lebih luas.

Untungnya, Katy juga menawarkan kepada kita panduan tentang cara dan strategi membangun kebiasaan hidup yang lebih baik semacam itu.

1. Menentukan tujuan yang spesifik

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan Katy, cara seseorang menentukan tujuan yang ingin diubah menjadi kebiasaan, adalah hal yang penting.

Dengan demikian, kita akan mendapat manfaat dari menjadi lebih spesifik tentang apa yang sebenarnya ingin kita lakukan, dan seberapa sering kita melakukannya.

Sebagai contoh, jangan katakan kita akan bermeditasi secara teratur. Tetapi, katakanlah bahwa kita akan bermeditasi selama 15 menit setiap hari.

Memiliki tujuan yang spesifik juga tidak akan membuat kita terlalu takut untuk memulainya dan kita menjadi lebih mudah untuk melihat kemajuannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.