Kompas.com - 03/12/2021, 21:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Semua orangtua tentu akan memberikan hal terbaik bagi anaknya, termasuk soal menjaga kesehatan kulitnya.

Kulit anak, terutama bayi, memang berbeda dengan kulit orang dewasa, masih sangat sensitif dan cenderung tipis. Karena itulah, tak jarang bayi mengalami ruam dan iritasi.

Untuk itu, orangtua perlu memahami bagaimana tata cara merawat kulit bayi yang tepat.

Namun, bagaimana caranya?

Untuk mengetahuinya, simak paparan tentang cara yang bisa dilakukan para orangtua untuk menjaga kesehatan kulit bayi dari Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH dalam webinar peluncuran Pigeon Natural Botanical Baby, pada Jumat (3/11/2021).

Menurut dr. Bernie, hal pertama yang harus dilakukan orangtua adalah memastikan kondisi nutrisi si kecil tetap terpenuhi. Lalu, pastikan agar kebutuhan tidur bayi tercukupi dan kebersihan kulitnya tetap terjaga.

Kulit bayi yang jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan orang dewasa pun menjadi alasannya.

"Kulit bayi berbeda dengan orang dewasa. Kulit bayi sekitar 30 persen lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Karena itu, perlu dijaga kesehatannya," ujar dr. Bernie.

Jadi, mandikanlah bayi setiap harinya selama dua kali sehari atau tiga kali dalam seminggu dengan waktu 10-15 menit saja, berikut dengan bagian yang sulit dibsersihkan seperti leher dan ketiak.

Lalu, untuk membuat kulit bayi tetap terjaga kelembapannya dan bebas dari iritasi, bisa mencoba menggunakan berbagai produk perawatan kulit bayi yang terbuat dari bahan alami, seperti Pigeon Natural Botanical Baby yang memiliki kandungan seperti olive oil, argan oil, dan bunga chamomile

Terakhir, jagalah kelembapan dalam batas normal, jangan sampai terlalu kering dan juga terlalu lembap. Pasalnya, kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan iritasi dan infeksi, sementara yang terlalu lembap dapat menimbulkan kondisi seperti intertrigo atau peradangan pada lipatan tubuh.

Jadi, jangan sampai salah ya.

Baca juga: Masalah Kulit yang Rentan Dialami Bayi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.