Kompas.com - 04/12/2021, 17:00 WIB
Salah satu variasi plank yang bisa dicoba adalah bear plank, latihan yang berfokus pada penguatan otot-otot yang menstabilkan tulang belakang.

REPRO BIDIK LAYAR VIA YOUTUBE @ PEAKS Lifestyle Salah satu variasi plank yang bisa dicoba adalah bear plank, latihan yang berfokus pada penguatan otot-otot yang menstabilkan tulang belakang.

KOMPAS.com - Dalam hal menjaga otot inti (core) dan mengurangi rasa nyeri di punggung bagian bawah, variasi plank diperlukan saat kita melatih kebugaran.

Salah satu variasi plank yang bisa dicoba adalah bear plank, latihan yang berfokus pada penguatan otot-otot yang menstabilkan tulang belakang.

Bear plank tergolong sebagai rutinitas yang mudah, karena tidak memerlukan peralatan apa pun, kecuali matras yoga untuk meningkatkan kenyamanan.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Latihan Plank bagi Tubuh

Namun, latihan ini cenderung menantang karena melibatkan otot inti, glutes, pinggul, bahu, dan trisep.

Bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun, serta mereka yang kurang aktif bergerak dan hanya duduk bekerja sepanjang hari, bear plank bisa menjadi sulit dilakukan.

Pelatih, penulis, dan model kebugaran Kirk Charles mengatakan, olahraga akan kian menyulitkan seiring bertambahnya usia individu.

Biasanya, Charles menyarankan kliennya yang berusia lanjut agar mencoba bear plank row untuk meningkatkan tantangan.

Variasi plank ini akan menguji kekuatan total tubuh dengan menambahkan dua komponen.

Kita melatih otot bahu dan otot lats --otot pada bagian punggung dan terletak di belakang lengan, kemudian disisipi gerakan rowing (gerakan mendayung layaknya mendayung perahu).

Namun, fokus utama bear plank adalah menambahkan dimensi anti-rotasi untuk mendorong otot inti lebih jauh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.