Kompas.com - 06/12/2021, 23:15 WIB

KOMPAS.com - Sebuah kabar mengejutkan datang dari Belgia. Kebun binatang Antwerpen yang merupakan kebun binatang tertua di negara ini dilaporkan harus mengisolasi dua ekor kuda nil karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Dua ekor kuda nil yang dites dan dinyatakan positif Covid-19 bernama Imani (14) dan Hermien (41). Walau terjangkit Covid-19, keduanya tidak memiliki gejala selain pilek.

Kabar Imani dan Hermien yang positif Covid-19, tentu mengejutkan banyak pihak. Terlebih, mereka terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa hari setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan temuan varian baru virus corona B1.1.529 atau Omicron pada Kamis (25/12/2021) lalu.

Walau belum diketahui bagaimana bisa Imani dan Hermien terjangkit Covid-19, tapi kebun binatang Antwerpen mengatakan dua ekor kuda nil ini dalam keadaan baik-baik saja, meski mengalami pilek.

Karena hal ini, pihak kebun binatang langsung memperketat pembatasan sampai tes terhadap hewan koleksinya negatif Covid-19.

Menurut laporan secara global, ada beberapa kasus ditemukannya infeksi virus corona di penangkaran dan perawatan hewan. Dan, salah satu kasus terbaru dialami Imani dan Hermien.

Meski hidung keduanya biasanya dalam kondisi basah, tetapi dokter hewan di Kebun Binatang Antwerpen memutuskan untuk melakukan tes Covid-19 terhadap keduanya.

Kandang Imani dan Hermien sementara telah disegel dan pawang mereka yang telah dites negatif Covid-19 harus memakai masker dan kacamata pengaman, serta mendisinfeksi alas kaki mereka sebelum kontak dengan hewan itu.

“Sepengetahuan saya, ini adalah kontaminasi pertama yang tercatat pada spesies ini. Di seluruh dunia, virus ini sebagian besar terlihat pada kera besar dan kucing,” kata dokter hewan Kebun Binatang Antwerpen, Francis Vercammen.

Awal pekan ini, Kanada juga mengkonfirmasi tiga kasus Covid-19 telah ditemukan pada rusa liar. Laporan ini merupakan kasus pertama satwa liar negara itu terjangkit Covid-19.

Saat ini kebun binatang Antwerpen sedang menyelidiki penyebab Imani dan Hermien terjangkit Covid-19 dan mereka juga mengonfirmasi tidak ada satu pun dari penjaga kebun binatang yang menunjukkan gejala atau dites positif Covid-19.

Baca juga: Harimau Ragunan Positif Covid-19, Begini Gejalanya pada Hewan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.