Kompas.com - 07/12/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi putus cinta. PEXELS/BURAK KOSTAKIlustrasi putus cinta.

KOMPAS.com - Sangat normal jika putus cinta memiliki efek mendalam pada kesehatan mental bagi pria atau wanita.

Namun, sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships menemukan, pria lebih cenderung mencari bantuan saat putus cinta melalui platform Reddit.

Para peneliti pun menganalisis demografi dan bahasa dari 184.631 individu dan hubungannya dengan Reddit selama kurang lebih 12 tahun.

Dari situ, mereka menemukan, masalah komunikasi adalah yang paling sering disebutkan ketika memutuskan untuk mengakhiri hubungan.

Baca juga: Mengapa Ditinggal Sahabat Lebih Menyakitkan Dibanding Putus Cinta?

Mempertimbangkan betapa sulitnya mencari bantuan, studi ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana mendukung hubungan yang lebih sehat lagi ke depannya.

Mengatasi putus cinta 

Studi ini mengeksplorasi diskusi tentang masalah hubungan di Reddit untuk memahami pencarian bantuan di antara populasi umum yang sebagian besar berusia antara 18-24 tahun.

Para peneliti juga mengidentifikasi topik diskusi serupa di Reddit jika dibandingkan dengan mengapa individu cenderung mencari bantuan profesional.

Termasuk di dalamnya, tantangan komunikasi, keintiman, masalah kepercayaan, keuangan, pekerjaan rumah tangga, dan lainnya.

Berdasarkan ini, Reddit dapat memberikan aksesibilitas yang lebih besar bagi beberapa individu karena platform tersebut menawarkan ruang anonim gratis untuk membahas masalah hubungan.

Studi ini pun menemukan, pria cenderung lebih banyak menyebutkan tema-tema seperti sekolah, sakit hati, berkencan, berpesta, dan bahasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.