Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 07:57 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin tidak terlalu suka mengantre lama di pintu boarding untuk bisa masuk ke dalam pesawat lebih awal.

Tapi, menunggu sampai menit terakhir atau berada di ujung antrian boarding juga sebenarnya dapat menimbulkan beberapa risiko seperti tertinggal pesawat atau tidak bisa menaruh barang bawaan di bagasi kabin.

Dalam sebuah utas di laman Quora yang diposting oleh seorang pelancong yang sering bepergian pada tahun 2018, Ashwin S Krishnan, ada sejumlah alasan mengapa sebisa mungkin kita naik ke pesawat lebih awal, khususnya saat penumpang penuh.

"Jika kita mengetahui penerbangan penuh dengan penumpang, cobalah untuk naik lebih awal," tulisnya.

"Sebab, ini akan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan ruang di bagasi kabin sesuai dengan letak kursi kita," terangnya.

Selain karena barang bawaan, alasan lain mengapa kita perlu masuk ke pesawat terlebih dulu adalah untuk mengurangi peluang kita tertinggal pesawat.

Meskipun dalam beberapa kasus hal ini mungkin menjadi poin yang diperdebatkan. Mengingat, banyak maskapai penerbangan sering menoleransinya dengan melakukan beberapa kali panggilan terhadap calon penumpang.

Baca juga: Catat, Kursi Paling Aman di Pesawat agar Terhindar dari Penyakit

Di sisi lain, seorang pengguna Quora bernama Timothy Chiu juga mengungkapkan bahwa ada risiko lain yang dapat kita hadapi saat masuk ke dalam pesawat dalam menit terakhir, yakni dikeluarkan karena alasan tertentu.

"Beberapa penerbangan bisa saja mengeluarkan kita dari daftar penumpang jika kita datang terlambat karena pembatasan berat yang bisa memengaruhi operasional pesawat," jelasnya.

Biasanya petugas akan "mengorbankan" orang terakhir bila mereka harus mengurangi penumpang karena alasan tertentu. 

Chiu menceritakan pengalamannya dikeluarkan dari pesawat jet karena saat itu dia orang terakhir yang masuk ke dalam pesawat.

"Saya bukan tipe orang yang suka datang ke bandara terlambat. Namun, saat kejadian itu, saya harus kerja di luar kota dengan barang bawaan yang banyak. Jadi saya terlambat naik ke pesawat," ujarnya.

"Lucunya penerbangan itu benar-benar kosong, tidak lebih dari 40 orang untuk pesawat jet yang cukup besar. Namun karena alasan pembatasan berat, saya pun diminta untuk turun dari pesawat," imbuh dia.

Bagaimanapun, Chiu menyarankan orang-orang untuk datang ke bandara lebih tepat waktu untuk memastikan segalanya aman dan bisa naik ke pesawat lebih awal untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Baca juga: Begini Etika Bawa Tas Ransel Saat Naik Pesawat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com