Kompas.com - 20/01/2022, 07:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin tidak terlalu suka mengantre lama di pintu boarding untuk bisa masuk ke dalam pesawat lebih awal.

Tapi, menunggu sampai menit terakhir atau berada di ujung antrian boarding juga sebenarnya dapat menimbulkan beberapa risiko seperti tertinggal pesawat atau tidak bisa menaruh barang bawaan di bagasi kabin.

Dalam sebuah utas di laman Quora yang diposting oleh seorang pelancong yang sering bepergian pada tahun 2018, Ashwin S Krishnan, ada sejumlah alasan mengapa sebisa mungkin kita naik ke pesawat lebih awal, khususnya saat penumpang penuh.

"Jika kita mengetahui penerbangan penuh dengan penumpang, cobalah untuk naik lebih awal," tulisnya.

"Sebab, ini akan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan ruang di bagasi kabin sesuai dengan letak kursi kita," terangnya.

Selain karena barang bawaan, alasan lain mengapa kita perlu masuk ke pesawat terlebih dulu adalah untuk mengurangi peluang kita tertinggal pesawat.

Meskipun dalam beberapa kasus hal ini mungkin menjadi poin yang diperdebatkan. Mengingat, banyak maskapai penerbangan sering menoleransinya dengan melakukan beberapa kali panggilan terhadap calon penumpang.

Baca juga: Catat, Kursi Paling Aman di Pesawat agar Terhindar dari Penyakit

Di sisi lain, seorang pengguna Quora bernama Timothy Chiu juga mengungkapkan bahwa ada risiko lain yang dapat kita hadapi saat masuk ke dalam pesawat dalam menit terakhir, yakni dikeluarkan karena alasan tertentu.

"Beberapa penerbangan bisa saja mengeluarkan kita dari daftar penumpang jika kita datang terlambat karena pembatasan berat yang bisa memengaruhi operasional pesawat," jelasnya.

Biasanya petugas akan "mengorbankan" orang terakhir bila mereka harus mengurangi penumpang karena alasan tertentu. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.