Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 14:23 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika terdapat daftar minuman paling lezat di dunia, mungkin susu cokelat akan masuk di dalamnya.

Sebagai minuman yang disukai banyak orang, baik dalam keadaan dingin atau panas, susu cokelat memang mudah dijumpai di mana saja.

Berbagai olahan minuman bisa dibuat dari bahan dasar susu cokelat. Selain rasanya yang lezat, susu cokelat menjadi populer karena diyakini mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tak mengherankan bila banyak orang tua memilih susu cokelat sebagai bekal bagi anaknya di sekolah.

Tapi, benarkan susu cokelat yang selama ini dipercaya banyak orang kaya nutrisi baik punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh?

Untuk mengetahui jawaban lebih jelas, simak penjelasan ahli gizi Cynthia Sass, MPH, RD yang berikut ini.

Nutrisi susu cokelat

Sama seperti susu tanpa pemanis dan tanpa rasa, susu coklat tersedia dalam berbagai takaran. Ada yang mengandung 3,5 persen lemak menurut beratnya, 2 persen, 1 persen, dan tersedia dalam bentuk skim.

Satu kemasan siap minum susu cokelat biasanya dijual dengan kandungan 1 persen. Satu wadah 8 ons susu cokelat 1% organic valleys memasok 150 kalori, 2,5 gram lemak, 23 gram karbohidrat dengan sekitar 10 gram sebagai tambahan gula, dan 8 gram protein.

Porsinya juga mengandung 20% dari nilai harian kalsium, 30% untuk vitamin B riboflavin, 10% untuk potasium, dan 15% untuk vitamin A dan D.

Singkatnya, susu cokelat memang menyediakan beberapa nutrisi penting, tetapi juga memberikan sepertiga dari asupan harian maksimum yang direkomendasikan untuk gula tambahan untuk wanita, berdasarkan pedoman dari American Heart Association.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap 8 ons atau setara 230 ml cangkir susu cokelat rendah lemak mengandung 1% atau menyediakan 7,4 ons yang setara 218 ml air, yang berkontribusi untuk hidrasi.

Jika orang-orang memilih menggunakan sirup cokelat untuk membuat susu cokelat itu tergantung seberapa sedikit atau banyak sirup yang dipakai. peras,

Satu sendok makan sirup cokelat (mungkin kebanyakan orang akan menambahkan 8 ons atau 230 ml susu) mengandung 10 gram gula tambahan, sama seperti yang terkandung dalam 8 ons (230 ml) susu cokelat.

Baca juga: 10 Manfaat Susu Almond, Tak Hanya Lezat Rasanya

Susu cokelat dan hasil kesehatan

Sebuah studi 2018 dari British Medical Journal (BMJ) tidak menemukan bukti efek perlindungan antara asupan kalsium yang berasal dari susu dan risiko patah tulang.

Sebuah studi yang lebih awal dari jurnal yang sama menemukan bahwa asupan susu yang lebih tinggi di antara orang dewasa tidak terkait dengan risiko patah tulang yang lebih rendah dan mungkin terkait dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Sebaliknya, analisis tahun 2019 dari delapan penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition mendapati hal hang berbeda.

Studi ini menyimpulkan bahwa konsumsi produk susu tidak terkait dengan risiko semua penyebab kematian.

Dan analisis tahun 2021 dalam Nutrisi & Metabolisme yang meninjau 41 studi menemukan bahwa konsumsi susu terkait dengan manfaat dan risiko kesehatan. Data ini lebih condong ke arah positif daripada negatif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com