Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 18:25 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sudah sering diberitakan bahwa sampah plastik adalah masalah yang mengancam lingkungan bahkan bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Kemasan plastik yang berada di lautan bahkan bisa membentuk pulau besar jika dikumpulkan.

Sayangnya, sampah ini tidak mudah terurai, namun hanya menjadi butiran kecil, yang kerap termakan ikan dan hewan laut lain. Pada gilirannya, ikan dikonsumsi manusia sehingga tubuh kita mengandung limbah plastik.

Untuk mengatasinya, kita bisa mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Selain itu, kita juga bisa mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna.

Inilah yang dilakukan brand busana H&M bersama produsen minuman kemasan Danone-Aqua dalam proyek bottle2fashion, yang mengubah sampah botol plastik dari seluruh pulau di Indonesia menjadi poliester daur ulang.

Poliester tersebut kemudian digabungkan dengan bahan katun dan digunakan dalam pembuatan pakaian anak-anak yang selain nyaman dipakai, juga keren dalam penampilan.

Koleksi pakaian anak dari bahan plastik daur ulang kolaborasi H&M dengan Danone Aqua Koleksi pakaian anak dari bahan plastik daur ulang kolaborasi H&M dengan Danone Aqua
Dalam edisi kali ini, bottle2fashion mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 7,5 juta botol PET, atau lebih dari dua kali lipat jumlah dari tahun lalu.

Nah, koleksi pakaian anak yang dirilis tahun ini dibuat dari 663.869 botol PET. Dan walau koleksi ini dibuat di Indonesia, namun akan tersedia di toko-toko H&M dan secara online di seluruh dunia.

Botol PET dikumpulkan dari seluruh pulau di Indonesia, terutama di Kepulaun Seribu, kemudian disortir dan dibersihkan sebelum diparut menjadi serpihan untuk membuat serat poliester daur ulang.

Hasil akhirnya adalah hoodie modern yang nyaman, celana panjang, jogger, t-shirt, atasan lengan panjang dan kaus kaki untuk anak berusia 9 hingga 14 tahun.

“Danone Aqua berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi seputar sampah plastik. Lewat proyek bottle2fashion, kami menunjukkan bahwa masa depan yang lebih berkelanjutan adalah mungkin, tidak hanya dari botol menjadi botol lagi, tetapi botol ke fashion,” ujar Jeffri Ricardo, Packaging Circularity Senior Manager Danone AQUA dalam acara virtual Selasa (18/1/2022).

Koleksi pakaian anak dari bahan plastik daur ulang kolaborasi H&M dengan Danone Aqua Koleksi pakaian anak dari bahan plastik daur ulang kolaborasi H&M dengan Danone Aqua
Koleksi kali ini bertema Mandalorian, sehingga berdesain sesuai tema film Star Wars tersebut dalam palet warna lavender, kuning, hitam, abu-abu dan hijau limau.

“Lewat koleksi ini kami ingin memimpin perubahan menuju masa depan fashion yang lebih berkelanjutan,” ujar Karin Brinck, Sustainability Manager H&M Kidswear.

“Menggunakan poliester daur ulang dari proyek bottle2fashion berarti kami membantu membersihkan pulau-pulau di
Indonesia dan menggunakan kembali sumber daya yang sudah kami miliki,” ujar Sofia Lofstedt, Head of Kidswear Design H&M.

Di Indonesia, koleksi ini sudah tersedia sejak tanggal 13 Januari di ID.HM.COM dan di toko-toko H&M. Tertarik?

Baca juga: H&M Ubah Sampah Plastik di Indonesia Jadi Pakaian Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com