Kompas.com - 22/01/2022, 18:25 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah sering diberitakan bahwa sampah plastik adalah masalah yang mengancam lingkungan bahkan bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Kemasan plastik yang berada di lautan bahkan bisa membentuk pulau besar jika dikumpulkan.

Sayangnya, sampah ini tidak mudah terurai, namun hanya menjadi butiran kecil, yang kerap termakan ikan dan hewan laut lain. Pada gilirannya, ikan dikonsumsi manusia sehingga tubuh kita mengandung limbah plastik.

Untuk mengatasinya, kita bisa mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Selain itu, kita juga bisa mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna.

Inilah yang dilakukan brand busana H&M bersama produsen minuman kemasan Danone-Aqua dalam proyek bottle2fashion, yang mengubah sampah botol plastik dari seluruh pulau di Indonesia menjadi poliester daur ulang.

Poliester tersebut kemudian digabungkan dengan bahan katun dan digunakan dalam pembuatan pakaian anak-anak yang selain nyaman dipakai, juga keren dalam penampilan.

Koleksi pakaian anak dari bahan plastik daur ulang kolaborasi H&M dengan Danone Aqua Koleksi pakaian anak dari bahan plastik daur ulang kolaborasi H&M dengan Danone Aqua
Dalam edisi kali ini, bottle2fashion mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 7,5 juta botol PET, atau lebih dari dua kali lipat jumlah dari tahun lalu.

Nah, koleksi pakaian anak yang dirilis tahun ini dibuat dari 663.869 botol PET. Dan walau koleksi ini dibuat di Indonesia, namun akan tersedia di toko-toko H&M dan secara online di seluruh dunia.

Botol PET dikumpulkan dari seluruh pulau di Indonesia, terutama di Kepulaun Seribu, kemudian disortir dan dibersihkan sebelum diparut menjadi serpihan untuk membuat serat poliester daur ulang.

Hasil akhirnya adalah hoodie modern yang nyaman, celana panjang, jogger, t-shirt, atasan lengan panjang dan kaus kaki untuk anak berusia 9 hingga 14 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.