Kompas.com - 24/01/2022, 09:34 WIB

KOMPAS.com - Ketika berbicara mengenai antioksidan, likopen mungkin kurang dikenal jika dibandingkan dengan nutrisi dan fitonutrien lainnya.

Padahal, likopen justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama ini juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Nah, lebih lanjut, mari kita mengenal apa itu likopen, apa saja manfaat-manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, dan bagaimana cara kita menemukannya sebagai berikut.

Mengenal likopen

Likopen adalah karotenoid yang ditemukan dalam produk tanaman merah, merah muda, dan oranye, terutama tomat merah.

Baca juga: Fakta Nutrisi Tomat, Sumber Likopen yang Baik

Seperti semua karotenoid, likopen adalah fitonutrien yang kuat (alias nutrisi tanaman) dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Likopen biasanya dapat ditemukan dalam buah-buahan segar atau kalengan, serta makanan ringan yang telah dijemur.

Walaupun perlu dicatat bahwa buah atau sayuran apa pun yang telah diproses menggunakan panas atau kulit dan bijinya dibuang akan mengandung lebih sedikit likopen.

Selain itu, kita juga dapat menemukan likopen dalam formula suplemen berkualitas tinggi dalam jumlah miligram.

Ragam manfaatnya

Bagi yang belum tahu, likopen memiliki berbagai macam manfaat untuk sistem fisiologis dalam tubuh, termasuk mata, jantung, kulit, dan banyak lagi.

• Kesehatan jantung

Penelitian klinis telah menunjukkan bahwa asupan likopen melalui makanan (tomat khususnya) dan suplemen dapat menyehatkan jantung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.