Kompas.com - 27/01/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Hidup ini dipenuhi dengan berbagai macam pilihan, termasuk dalam hal memutuskan makanan mana yang sehat dan baik bagi tubuh.

Namun, menurut ahli diet terdaftar Beth Czerwony, memilih makanan yang sehat tidaklah sulit, asalkan kita sudah mengetahui informasi nutrisinya.

Dia pun membagikan beberapa pedoman umum yang dapat mengarahkan kita pada keputusan diet yang lebih sehat sebagai berikut ini:

• Meminimalkan lemak jenuh

Lemak yang menyumbat arteri ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan kita untuk mengonsumsi lemak jenuh tidak lebih dari 5-6 persen dari total kalori harian.

• Membatasi garam

Terlalu banyak garam atau natrium dalam makanan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan arteri yang membebani jantung.

AHA telah merekomendasikan kita untuk membatasi asupan natrium tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) atau satu sendok teh garam per hari.

• Mengonsumsi bahan makanan alami

Bahan makanan yang alami dan segar hampir selalu lebih baik daripada produk olahan.

Sebagai tambahan, Czerwony menyarankan kita untuk meluangkan waktu membaca label nutrisi makanan.

"Ini akan membawa kita pada waktu yang agak lebih lama di toko atau supermarket, tetapi itu juga akan memberi tahu kita apa yang akan kita hadapi," ujar dia.

Baca juga: 5 Panduan Nutrisi dalam Makanan Sehat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.