Kompas.com - 27/01/2022, 18:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memakai kaus kaki saat tidur ternyata dapat membantu kita tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak di malam hari.

Penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan kaki yang dingin dapat menyesuaikan suhu inti tubuh untuk menciptakan tidur yang lebih tenang.

Ahli gangguan tidur, Michelle Drerup, PsyD, DBSM, pun mengungkapkan bahwa ada alasan fisiologis yang lebih dalam mengenai manfaat pakai kaus kaki saat tidur.

"Tubuh kita secara alami bekerja untuk menurunkan suhu inti di malam hari yang dapat membantu kita tidur," terangnya.

"Ini terjadi sebagai bagian dari ritme sirkadian tubuh atau jam internal 24 jam yang mengatur siklus tidur-bangun kita," sambung dia.

Menurutnya, apabila kaki kita terlalu dingin, suhu inti mungkin benar-benar naik satu atau dua tingkat. Jadi, memakai kaus kaki dapat menghangatkan kaki, merelaksasi, dan melebarkan pembuluh darah yang menyempit saat kita kedinginan.

Peningkatan sirkulasi darah di tubuh secara keseluruhan juga dapat membantu melepaskan lebih banyak panas melalui kulit kita.

"Dengan membuat kaki lebih hangat, kita telah membuka pembuluh darah untuk membantu mendinginkan seluruh tubuh," catat Dr Drerup.

Baca juga: Pakai Kaus Kaki Bikin Lebih Cepat Tidur, Benarkah?

Adapun manfaat potensial lainnya terkait suhu yakni sebagai berikut:

• Mengurangi gejala penyakit sindrom Raynaud

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.