Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 11:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Omega-3 merupakan asam lemak penting untuk kesehatan yang sering kali ditemukan di dalam tanaman (ALA) dan sumber laut (EPA dan DHA).

Selain baik bagi kesehatan jantung, penelitian telah mengidentifikasi omega-3 sebagai nutrisi penting yang dapat meningkatkan umur panjang, dan mendukung proses penuaan yang lebih sehat.

Hubungannya dengan umur panjang

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan, orang dewasa dengan tingkat omega-3 laut yang lebih tinggi (yaitu, EPA dan DHA) memiliki tingkat pemendekan telomer paling lambat selama lima tahun.

Telomer sendiri adalah ujung kromosom yang melindungi DNA kita dari stresor.

Sebuah bukti menunjukkan, panjang telomer adalah penanda penuaan biologis.

Semakin panjang telomer, maka semakin besar pula peluang kita untuk memiliki umur yang panjang.

Baca juga: Ragam Manfaat Omega 3 untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Di samping itu, studi ini menyoroti pentingnya meningkatkan indeks omega-3 karena dapat membantu kita hidup lebih lama dan lebih sehat.

Indeks omega-3 yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan kesehatan jantung dan parameter kardiometabolik yang lebih baik.

Manfaatnya dalam proses penuaan

Penelitian tentang topik ini sedang berlangsung dan mekanisme yang pasti di balik bagaimana omega-3 memengaruhi umur panjang masih diperdebatkan.

Meski demikian, ada sejumlah manfaat omega-3 yang telah diteliti dengan baik yang terbukti mendukung kita menuju pada proses penuaan yang lebih sehat sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan jantung

Sementara kesehatan jantung sangat penting sepanjang hidup kita, menjaganya dengan diet, olahraga, dan memilih gaya hidup yang lebih baik menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia.

Dalam hal kesehatan jantung, kadar omega-3 yang memadai membantu mendukung segala hal mulai dari fungsi pembuluh darah dan respons peradangan yang sehat hingga menurunkan detak jantung istirahat, tekanan darah, dan kadar trigliserida.

Secara khusus, EPA dan DHA — baik yang dikonsumsi melalui ikan berlemak atau suplemen minyak ikan berkualitas tinggi — secara menguntungkan memodulasi faktor kardioprotektif ini dan banyak lagi.

Faktanya, omega-3 laut EPA dan DHA telah dikaitkan dengan hasil kesehatan jantung yang lebih baik, termasuk hipertensi dan penyakit jantung koroner.

2. Mempertahankan fungsi kognitif

Mempertahankan memori kerja dan fungsi kognitif secara keseluruhan adalah aspek penting dari umur panjang dan omega-3 bekerja secara adil dalam mendukung kesehatan otak.

Baca juga: Omega 3 Berpotensi Mencegah Penyakit Asma pada Anak

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com