Kompas.com - 09/02/2022, 07:42 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjadi salah satu ilmuwan ternama tidak membuat Maria Elena Bottazzi melupakan dari mana dia berasal.

Wanita yang berhasil menciptakan vaksin Covid-19 baru ini menceritakan, bagaimana ia ingin berbuat lebih untuk negaranya, Honduras.

"Tidak pernah terlintas dalam benak saya untuk mencari pekerjaan di perusahaan multinasional," sebut Bottazzi dalam wawancara bersama Noticias Telemundo.

"Saya orang Amerika Tengah, dan melakukan proyek nirlaba adalah cara saya memberi sedikit dari apa yang sudah diberikan Honduras kepada saya."

Bersama Dr Peter Hotez, Bottazzi memimpin tim di Texas Children's Hospital Center for Vaccine Development yang mengembangkan vaksin Corbevax untuk Covid-19.

Bulan lalu, vaksin ini sudah memeroleh izin darurat untuk digunakan di India.

"Peter dan saya bercita-cita untuk memberi manfaat bagi orang lain, itulah sebabnya kami membuat vaksin untuk komunitas termiskin di dunia."

"Tim yang kami bangun memiliki minat yang sama dalam mempromosikan kesehatan masyarakat dan belajar di saat yang sama," ungkap dia.

Corbevax dibuat berdasar protein rekombinan, teknologi tradisional yang digunakan selama beberapa dekade dalam obat-obatan seperti vaksin hepatitis B dan pertusis (batuk yang disebabkan penyakit saluran pernapasan atas).

Vaksin ini menggunakan sejumlah besar protein virus untuk mengaktifkan respons imun tubuh tanpa membuat pasien merasa sakit.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.