Kompas.com - 18/02/2022, 09:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap tetangga di lingkungan tempat kita tinggal pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Beberapa cenderung lebih terbuka untuk bersosialisasi, sementara yang lain terdiri dari orang-orang yang lebih suka menyendiri.

Namun, terlepas dari jenis lingkungan tempat kita tinggal, masih ada beberapa aturan etiket dasar yang harus kita ikuti untuk bisa menjadi tetangga yang baik.

Tujuan utamanya adalah untuk hidup dalam damai dan harmoni, meskipun itu tidak selalu terjadi. Tapi, setidaknya kita tetap dapat melakukan apa pun untuk mencegah perselisihan antar tetangga yang berkepanjangan.

Nah, untuk bisa menjadi tetangga yang baik, simak beberapa tips yang dapat kita coba berikut ini, seperti yang dilansir dari laman The Spruce.

1. Jangan membuat kebisingan

Beberapa tetangga mungkin tidak ingin kita hanya diam dan kurang bersosialisasi, tetapi itu juga bukan berarti kita bisa membuat kebisingan.

Tergantung di mana kita tinggal, setiap tempat pasti memiliki aturan etiket dasar yang memerhatikan hal itu.

Misalnya, jika kita tinggal di gedung apartemen, jangan berteriak pada seseorang di ujung lain aula karena mungkin ada orang lain sedang tidur atau beristirahat.

Selain itu, hindari proyek bising seperti memalu paku di dinding pada malam hari, menyetel musik keras-keras, atau membuat kebisingan lainnya.

Pastikan juga kita mengobrol dengan nada yang lebih normal tanpa harus berteriak, baik itu itu tinggal di gedung apartemen maupun di rumah komplek biasa.

Baca juga: Tips Menghadapi Tetangga yang Berisik Selama Pandemi

Halaman:
Sumber The Spruce


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.