Kompas.com - 06/03/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga sederhana yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bahkan membantu untuk memiliki umur yang lebih panjang.

Sebuah meta-analisis dari 15 penelitian yang melibatkan hampir 50.000 responden dari empat benua juga menemukan, berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kesehatan secara optimal dan umur panjang bagi orang dewasa.

Analisis tersebut sebenarnya adalah bagian dari upaya untuk mengembangkan pesan kesehatan masyarakat berbasis bukti tentang manfaat aktivitas fisik seperti berjalan kaki.

Jumlah langkah kaki untuk umur panjang

Selama ini kita mengetahui, berjalan kaki mencapai 10.000 langkah sehari menjadi rekomendasi yang kerap digaungkan.

Baca juga: 7 Kebiasaan Harian demi Umur Panjang dan Tetap Sehat

Namun, sayangnya, seruan itu -ternyata, hanya aktik pemasaran kuno di Jepang yang belum terbukti dampaknya bagi kesehatan.

Lantas, berapa banyak langkah kaki yang dibutuhkan per hari untuk bisa tetap sehat dan memiliki umur yang lebih panjang?

Ahli epidemiologi aktivitas fisik di University of Massachusetts, Amherst Amanda Paluch dan sekelompok ilmuwan internasional membentuk Steps for Health Collaborative.

Merekameneliti berapa langkah sehari yang dapat membantu menurunkan risiko kematian dini.

Hasil penelitian yang diterbitkan di Lancet Public Health tersebut menemukan, orang dewasa berusia 60 tahun ke atas perlu berjalan 6.000-8.000 langkah per hari untuk memiliki umur panjang.

Sementara, orang dewasa di bawah 60 tahun bisa berjalan sekitar 8.000-10.000 langkah per hari guna mencegah risiko kematian dini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.