drg. Citra Kusumasari, SpKG (K), Ph.D
dokter gigi

Menyelesaikan Program Doktoral di bidang Kariologi dan Kedokteran Gigi Operatif (Cariology and Operative Dentistry), Tokyo Medical and Dental University, Jepang.

Sebelumnya, menempuh Pendidikan Spesialis Konservasi Gigi di Universitas Indonesia, Jakarta dan Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Berpraktik di berbagai rumah sakit dan klinik di Jakarta. Ilmu karies, estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia: “Be Proud of Your Mouth”

Kompas.com - 24/03/2022, 18:19 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

drg. Citra Kusumasari, Sp.K.G.(K), Ph.D.

HARI kesehatan gigi dan mulut sedunia adalah kampanye yang dilakukan oleh federasi kedokteran gigi dunia untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut penduduk di seluruh dunia, yang dirayakan setiap tanggal 20 maret.

Tema yang diambil untuk hari kesehatan gigi dan mulut sedunia sejak tahun 2021 sampai tahun 2023 nanti adalah “Be Proud of Your Mouth”. Tema ini mengirimkan pesan sederhana namun sarat makna. Dengan kata lain, hargai dan jagalah rongga mulut kita.

Tahun 2022 ini, federasi kedokteran gigi dunia ingin menginspirasi perubahan dengan berfokus pada pentingnya kesehatan mulut untuk kebahagiaan dan kesejahteraan setiap individu.

Karena, kesehatan mulut yang baik akan berdampak positif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup individu secara umum. Hal ini adalah aksi yang sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga: Kentut hingga Bau Mulut, 5 Tanda Tubuh yang Sehat Saat Bangun Pagi

Data dari smile global research tahun 2021 menyebutkan bahwa selama pandemi Covid-19, 7 dari 10 individu kembali fokus terhadap kesehatan dan kesejahteraan. Namun, mereka hanya fokus pada kesehatan fisik dan mental, bukan kesehatan gigi dan mulut.

Dibandingkan dengan tahun 2018, saat ini lebih sedikit orang yang menyikat gigi dua kali sehari. Sementara itu, satu dari tiga individu dewasa mengaku melewati hari tanpa menyikat gigi. Sebagai tambahan, 73 persen individu mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut selama pandemi.

Pengaruh mulut pada perasaan

Mulut kita dapat memengaruhi segalanya. Seperti, bagaimana perasaan kita terhadap diri sendiri, bagaimana perasaan kita terhadap orang di sekeliling kita, bagaimana kita berbicara, tersenyum, dan mengekspresikan diri kita.

Bahkan, mulut dapat memengaruhi kemampuan kita untuk menikmati makanan sederhana sekalipun. Dengan kata lain, hal-hal tersebut memengaruhi kebahagian dan kesejahteraan kita. Jadi, menjaga kesehatan rongga mulut kita sangatlah penting.

Baca juga: 5 Tips Perawatan Gigi dan Mulut Sederhana yang Mudah Diterapkan Sehari-hari

Cara untuk menjaga kesehatan rongga mulut kita sangatlah mudah, yaitu menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit dengan pasta gigi ber-fluoride, pastikan sela-sela gigi juga dibersihkan menggunakan benang gigi, rajin kontrol ke dokter gigi sebagai prioritas utama, hindari merokok, dan jaga hidrasi tubuh kita dengan mengonsumsi air mineral yang cukup.

Selanjutnya, hindari konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan, konsumsi-lah makanan yang bergizi dengan nutrisi seimbang. Dengan menerapkan hal-hal di atas, kebahagiaan dan kesejahteraan hidup kita akan lebih mudah tercapai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.