Kompas.com - 25/03/2022, 13:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki tidur siang yang berkualitas ternyata bisa membuat kita menjadi lebih segar dan merasa lebih berenergi.

Selain itu, tidur siang juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan.

Satu studi menemukan bahwa tidur siang berpotensi meningkatkan daya ingat saat kita mempelajari informasi baru atau tugas baru.

Tidur siang juga dapat membantu kita merasa lebih waspada dan mengurangi stres  dengan lebih baik.

Meski demikian, tidur siang yang terlalu lama sangat tidak disarankan. Untuk orang dewasa, tidur siang tidak boleh lebih dari satu jam dan mungkin paling baik dipertahankan pada kisaran 15 hingga 20 menit.

Sebab, tidur siang dengan waktu yang terlalu lama juga dapat menimbulkan konsekuensi tersendiri.

Baca juga: Tidur Siang Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Tubuh Kita, Apa Saja?

Tidur siang yang pas

Tidak peduli seberapa lelahnya kita, tidur siang seharusnya tidak boleh lebih dari satu jam atau lebih karena dapat mengganggu jadwal tidur untuk malam berikutnya.

Maka dari itu, tidur siang harus relatif singkat bagi orang dewasa untuk dapat membantu kita tetap berenergi tanpa mengganggu ritme sirkadian.

"Kita perlu tidur siang kurang dari satu jam. Jika bisa, kita harus melakukannya selama 15 atau 20 menit, itu lebih baik."

Demikian penuturan ahli kesehatan tidur, Dr Nancy Foldvary-Schaefer, DO, MS, seperti yang dikutip dari Cleveland Clinic.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.