Kompas.com - 28/03/2022, 06:19 WIB

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri bahwa ular adalah hewan yang ditakuti banyak orang karena bentuknya, gigi runcingnya, dan kemampuannya untuk menyerang secara cepat.

Belum lagi beberapa di antaranya berbisa, sehingga gigitannya bisa mengakibatkan sakit yang parah, bahkan kematian.

Tidak mengherankan bila banyak orang langsung melarikan diri, panik, bahkan bulu kuduknya berdiri saat melihat ular, baik secara langsung atau melalui foto.

Walau memiliki stigma yang menyeramkan, ada orang-orang yang suka memelihara ular, bahkan menjadikannya sebagai koleksi, karena bentuk, warna, dan motif kulitnya yang unik dan cantik.

Namun, tidak semua ular cocok dipelihara karena hewan melata yang satu ini memerlukan perawatan khusus dan biaya yang tidak sedikit.

Jenis ular yang aman untuk dipelihara

Sebenarnya kebanyakan jenis ular tidak berbahaya. Lebih dari 3.000 spesies ular yang hidup di bumi, hanya sebagian kecil atau kurang dari 7% yang berpotensi membahayakan.

Persentase kecil tersebut juga berlaku untuk ular peliharaan yang tidak membahayakan dan dapat dirawat tanpa rasa takut.

Kalau kamu berminat memelihara ular sebagai hobi barumu, perlu dicatat bahwa ular yang berbisa seperti ular derik, viper, kobra, hingga ular berukuran besar tidak disarankan untuk dipelihara.

Dari sekian banyak jenis ular yang ada, berikut ini rekomendasi enam jenis ular yang aman untuk dirawat, apalagi bagi pemula yang ingin mencobanya.

1. Corn snake

Corn snake bisa dibilang sebagai ular peliharaan teraman di dunia. Ular ini banyak diminati karena sifatnya yang tenang, ukuran yang kecil, dan keindahannya kulitnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.