Kompas.com - 20/04/2022, 09:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tantangan terbesar saat menjalani ibadah puasa bukanlah menahan haus dan lapar. Tetapi, menjaga mood dan emosi agar tetap stabil.

Perubahan suasana hati yang terjadi saat berpuasa merupakan hal yang normal. Selama berpuasa, kita membatasi asupan makanan yang dikonsumsi hanya pada saat matahari tenggelam (berbuka puasa) sampai terbitnya fajar (sahur).

Alasan kita menjadi lebih mudah emosi dapat digambarkan melalui penjelasan ilmiah yang terjadi ketika pola makan berubah selama Ramadhan.

Sebagaimana dilansir Arabia Weather, tubuh manusia mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi asam amino, lemak, dan gula, menjadi energi.

Ketika pasokan ini berkurang, tubuh mulai mengirimkan sinyal yang mengarah pada reaksi fisiologis tubuh terhadap apa yang dibutuhkannya dari makanan.

Perubahan ini tak cuma memberikan sinyal dengan munculnya perasaan haus dan lapar, tapi juga menyebabkan perubahan suasana hati.

Baca juga: Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes

Penyebab perubahan suasana hati saat berpuasa

Selama puasa, tubuh mengalami sejumlah perubahan fisiologis yang menyebabkan perubahan suasana hati. Faktor pemicunya adalah sebagai berikut:

1. Kecanduan minuman manis atau berkafein

Kecanduan minuman berkafein seperti teh, kopi dan minuman bersoda membuat orang yang berpuasa merasa gelisah.

Kondisi ini seringkali ditandai dengan perasaan energi yang rendah dan marah karena kadar kafein dalam tubuhnya berkurang.

2. Kurang tidur

Mengganti waktu tidur di siang hari sebenarnya bisa mengurangi kurang tidur selama Ramadhan. Namun sebenarnya, hal tersebut bisa menyebabkan ketidakseimbangan jam biologis tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.