Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Fesyen Pria '80-an yang Bisa Diterapkan Saat Ini

Kompas.com - 27/04/2022, 09:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bicara soal tren fesyen, para pria sepertinya jarang memilih tren fesyen di tahun '80-an dibandingkan dengan tahun '60 atau '70-an.

Padahal, tren fesyen di tahun '80-an sebenarnya cenderung lebih menarik. Misalnya, kita bisa menemukan potongan high-waisted jeans atau pakaian-pakaian oversized yang tidak kalah kerennya.

Nah, jika kita sedang mencari inspirasi berpakaian yang unik dan berbeda dari biasanya, mungkin kita dapat mengembalikan tren fesyen '80-an itu melalui outfit kita sehari-hari.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, intip beberapa item tren fesyen pria '80-an yang masih keren untuk bisa dipakai saat ini, seperti berikut.

• Light jeans

Ilustrasi pria memakai jeans Ilustrasi pria memakai jeans
Jeans atau denim memang tidak secara eksklusif berkaitan dengan tahun '80-an.

Jeans pertama kali menjadi terkenal pada pergantian abad ke-20 ketika merek Levi's mulai mengeluarkannya dalam bentuk overall dan jaket, yang awalnya dirancang untuk penambang emas dan buruh di pantai barat Amerika.

Dengan bahan kain yang kuat, jeans juga sangat tahan lama dan dapat bertahan dalam kondisi kerja yang paling berat.

Pada tahun '80-an, jeans bertransformasi untuk digunakan oleh berbagai kalangan dan bisa dipakai dengan cara yang lebih kreatif.

Stonewash dan jeans dengan warna yang lebih pucat adalah pilihan utama. Ini juga merupakan cara mudah untuk menambahkan sentuhan fesyen '80-an ke dalam tampilan kontemporer saat ini.

Selain itu, light jeans juga cocok untuk dikombinasikan dengan pakaian yang kasual.

Jadi, cobalah padukan beberapa jeans stonewash dengan kemeja polo rajutan, lalu lengkapi dengan jaket dan sneaker vintage untuk outfit yang kasual namun tetap keren di akhir pekan.

• Sneaker khas tahun '80-an

adidas stan smithadidas adidas stan smith
Tahun '80-an adalah era yang baik untuk outfit yang lebih santai, dilambangkan dengan sneaker.

Setelah runtuhnya banyak norma sosial di tahun 70-an, era ini memunculkan genre musik baru, termasuk hip-hop, yang berarti sepatu formal semakin dijauhi.

Gaya sneaker yang paling populer di tahun '80-an datang dari Nike, Adidas, Puma, dan Converse — dengan edisi All Stars khasnya yang selalu diminati banyak orang.

Di samping itu, munculnya gaya kasual bertema sepak bola juga membut merek Adidas sangat populer dengan memanfaatkan sejumlah gaya baru, termasuk model Gazelle, Hamburg, Spezial, Continental 80, dan Samba.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com