Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Tips Merawat Orangtua yang Sakit

Kompas.com - 28/04/2022, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiani D. Putri

KOMPAS.com - Salah satu masa terberat sebagai anak ketika kita menyadari bahwa orangtua sudah memasuki usia lansia. Pada masa ini yang paling utama harus diperhatikan adalah kesehatannya.

Kebutuhan bukan hanya perihal finansial, tetapi juga emosional. Anak terpaksa harus siap menghadapi kompleksitas emosional orangtua yang kemungkinan akan mencari perhatian lebih.

Meskipun tidak ada penelitian pasti, namun masyarakat meyakini bahwa semakin tua usia seseorang, maka sikapnya akan kembali seperti anak-anak. Sering kali hal ini terjadi karena mereka merasakan kesepian dan tidak memiliki rutinitas yang padat seperti sebelumnya.

Terlebih, sakit yang dialami orangtua sering kali menjadi alasan mereka untuk mendapat perhatian. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk Kakek Nondo, ia tidak ingin merepotkan cucunya dengan dirinya yang sakit.

Drama audio ini merupakan hasil kolaborasi siniar Dongeng Pilihan Orangtua dengan Nirbita Nitisaroh, Bibit Pendongeng DISPUSIP Kota Surabaya, dalam episode bertajuk “Dongeng Asal-usul Mopoo di Sulawesi Utara”.

APA mengemukakan bahwa kebanyakan orang tua memilih untuk tidak tinggal bersama anak-anak mereka, tetapi lebih suka hidup mandiri. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku di wilayah Asia yang masih menjunjung tinggi bakti kepada orangtua.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Merawat Lansia?

Masalahnya, banyak orang mencoba menyelesaikan dilema ini tanpa terlebih dahulu mendengar kebutuhan semua orang yang terlibat.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendiskusikan secara terbuka masalah potensial dalam menciptakan rumah tangga multigenerasi.

Baca juga: Kiat Menjadi Suami, Ayah, dan Kepala Keluarga yang Baik

Melansir Huffpost, perubahan di dalam rumah memang perlu dilakukan. Dari mulai perubahan fisik seperti mengganti furnitur yang aman untuk lansia. Selain itu, perbaiki toilet dan bersihkan secara rutin untuk mencegah mereka terjatuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.