Kompas.com - 06/05/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Sepotong jersey tim nasional Argentina bernomor punggung 10 yang dikenakan sang legenda Diego Maradona, terjual dengan harga yang fantastis.

Jersey tersebut menjadi istimewa karena dipakai Maradona saat mencetak gol "Hand of God" (atau Tangan Tuhan) ke gawang timnas Inggris di laga Piala Dunia tahun 1986, di Mexico.

Jersey yang penuh dengan memori tersebut dibayar oleh seorang pembeli anonim seharga 9,28 juta dollar AS atau sekitar Rp 134 miliar dalam lelang yang diadakan oleh Sotheby's.

Baca juga: Jersey “Gol Tangan Tuhan Maradona Akan Dilelang, Ini Harganya

Menurut ESPN, rekor penjualan jersey sebelumnya dibuat pada tahun 2019 senilai 5,64 juta dollar AS atau sekitar Rp 81,6 miliar.

Saat itu yang dijual adalah jersey yang pernah dikenakan oleh Babe Ruth selama musim 1928-1930 bersama New York Yankees.

Selain itu, rekor untuk sepotong memorabilia olahraga lainnya juga dibuat di tahun 2019 ketika manifesto Olimpiade asli yang digambar tangan dijual seharga 8,8 juta dollar AS atau Rp 127 miliar.

Sejarah "Tangan Tuhan" dan jersey-nya

Gol "Tangan Tuhan" Maradona tidak hanya sangat terkenal, tetapi juga menjadi legenda.

Di babak kedua perempat final Piala Dunia 1986 itu, Maradona mencetak gol pertama, meskipun dia sebenarnya menjentikkan bola dengan tangannya ke atas kiper Inggris Peter Shilton dan masuk ke gawang.

Baca juga: Item Memorabilia LeBron James dan Diego Maradona akan Dilelang

Jelas tidak ada VAR pada saat itu, dan karena wasit tidak melihatnya, gol pun akhirnya tetap berlaku.

Setelah pertandingan, Maradona mengatakan bahwa gol itu dicetak sedikit dengan kepala dan sedikit dengan tangan, sehingga lahirlah gol "Tangan Tuhan" tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber yahoo.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.