Kompas.com - 15/05/2022, 12:39 WIB

KOMPAS.com – Orangtua kini dibikin khawatir dengan kemunculan hepatitis akut misterius yang mulai merebak di Indonesia, setelah pertama kali terkonfirmasi di Inggris Raya.

Kecemasan mereka semakin bertambah usai tujuh anak di Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, dan Jawa Timur meninggal dunia diduga terjangkit penyakit misterius tersebut.

Berdasar update data terakhir pada Jumat (13/5/2022), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mencatat total 18 kasus dugaan hepatitis akut misterius di sejumlah daerah.

Meski belum diketahui penyebab pastinya, orangtua diminta mewaspadai penyakit hepatitis akut misterius ini.

Karena penyakit itu menyebabkan anak mengalami diare, muntah, sakit perut, hingga yang paling parah adalah gangguan pada hati.

Baca juga: Cegah Hepatitis Akut Misterius, 7 Cara Membiasakan Anak Mencuci Tangan

Supaya orangtua dapat menjaga keselamatan dan kesehatan anaknya, ada lima hal yang wajib diketahui seputar hepatitis akut misterius. Simak yang berikut ini.

1. Sudah menjadi wabah global

Kasus hepatitis akut misterius lebih dulu muncul di Inggris Raya sejak awal April lalu. Negara ini mengonfirmasi 10 kasus dugaan hepatitis akut misterius pada tanggal 5 April 2022.

Tidak berselang lama, ratusan kasus kemudian terdeteksi di luar Inggris Raya, mulai dari Spanyol, Italia, Belanda, Denmark, hingga Prancis.

Karena penyebarannya yang begitu cepat, status Kejadian Luar Biasa (KLB) langsung ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 15 April.

Dan, berdasar data WHO, kini sudah ada 20 negara yang mendapati kasus hepatitis akut misterius di wilayahnya.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.