Kompas.com - 16/05/2022, 18:17 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki frekuensi buang air besar (BAB) yang berbeda-beda, bisa satu sampai dua kali sehari atau setiap dua sampai tiga hari.

Tetapi secara umum, jika kita BAB tiga kali atau lebih sedikit dalam seminggu, maka tinja akan mengeras dan menyebabkan kita mengalami konstipasi atau sembelit.

Sembelit ini biasanya juga ditandai dengan kotoran yang kering dan padat atau mungkin terasa seperti kita belum sepenuhnya mengosongkan usus dan terasa sakit saat BAB.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, sekitar 16 dari 100 orang dewasa memiliki gejala sembelit. Jadi, bagi kita yang mengalaminya, kita tidak sendirian.

Baca juga: Bisa Dicoba, Inilah Cara Mengatasi Sembelit

Lantas, apakah ada cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini?

Ahli gastroenterologi, Dr Samita Garg, MD, pun membagikan beberapa tipsnya pada kita untuk mengobati sembelit di rumah, seperti yang dilansir dari laman Cleveland Clinic berikut ini.

1. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Dokter Garg mengatakan bahwa makanan tinggi serat dapat membantu kita menjadi lebih sehat.

Sebab, apa yang kita makan dapat memengaruhi kebiasaan BAB, mikrobioma usus, dan perasaan kita secara umum.

Menambahkan makanan berserat tinggi ke dalam makanan juga dapat membantu mengatur pergerakan usus dengan membuat tinja kita menjadi lebih besar dan membantunya bergerak melalui usus kita dengan lebih cepat.

Beberapa makanan yang mengandung serat yang tinggi antara lain roti gandum utuh, buncis, kacang-kacangan, buah beri, buah pir, buah alpukat, biji chia, dan oatmeal.

Baca juga: Kenali, Asupan Terbaik dan Terburuk bagi Penderita IBS dengan Sembelit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.