Kompas.com - 19/05/2022, 15:05 WIB
Editor Wisnubrata

NEW YORK - Bumi menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mulai dari pandemi Covid-19 hingga peperangan, dan krisis iklim.

Hal ini sebenarnya menunjukkan bahwa kita perlu mengembalikan dunia ke jalur yang lebih berkelanjutan, setara, dan masa depan yang adil.

Namun sistem politik dunia belum mendukung visi ini. Kita masih melihat kurangnya keragaman dalam hal suara yang diwakili di seluruh sistem politik, terutama suara kaum muda.

Padahal keterwakilan dan partisipasi pemuda adalah sesuatu yang penting, mengingat separuh penduduk dunia berusia di bawah 30 tahun.

Anak muda juga memiliki energi, pengetahuan, dan kreativitas yang diperlukan untuk mengatasi beberapa masalah paling mendesak di dunia.

Dengan krisis iklim, konflik global dan ketidaksetaraan generasi yang kian tajam, pendapat, perspektif dan representasi dari kaum muda di saat sekarang sangat dibutuhkan.

Namun kenyataannya, suara anak muda termasuk yang paling tidak terwakili dalam institusi politik tempat keputusan dibuat. Bahkan jutaan kaum muda saat ini hilang dari sektor publik.

Meski hampir setengah dari populasi dunia berusia di bawah 30 tahun, namun hanya 2,6% saja dari mereka yang duduk di parlemen di seluruh dunia.

Usia rata-rata pemimpin dunia sekarang adalah 62 tahun. Dari semua parlemen di dunia, 37% sama sekali tidak memiliki satupun anggota di bawah usia 30 tahun, dan kurang dari 1% anggota parlemen muda ini adalah perempuan.

Kaum muda mempunyai hak untuk dilibatkan dalam keputusan-keputusan politik yang mempunyai pengaruh kepada mereka. Namun, banyak sekali rintangan yang menghalangi mereka untuk berpartisipasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.