Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2022, 14:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain sinar ultraviolet (UV) dari matahari, sering terpapar polusi udara juga bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan pada kesehatan kulit.

Paparan berulang polusi udara dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan bintik hitam dengan begitu cepat.

Namun, mekanisme pasti yang menyebabkan efek yang tidak diinginkan ini sebagian besar masih belum diketahui.

Meski begitu, para peneliti percaya bahwa polusi udara berdampak negatif pada kulit, terutama melalui penciptaan radikal bebas dan aktivasi jalur respons inflamasi.

Baca juga: Mengenal Jenis Kerutan dan Cara Mencegahnya

Cara melindungi kulit

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita ambil setiap hari untuk mengurangi dan memulihkan paparan polusi udara pada kulit kita.

Berdasarkan ulasan terbaru yang diterbitkan di Dermatologic Therapy, para peneliti menyoroti tiga langkah dalam rutinitas perawatan kulit kita sehari-hari yang sangat penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi udara.

Nah, dilansir dari laman Miami Herald, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi kulit dan mencegah kerutan di wajah akibat sering terpapar polusi udara.

1. Membersihkan wajah secara rutin

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin.

Sebab, dengan membersihkan kulit wajah secara konsisten, terutama di malam hari sebelum tidur, akan membantu mengurangi beban partikel yang menumpuk di kulit kita sepanjang hari.

Sehingga, proses ini juga dapat mengurangi efek merusak pada kulit wajah kita akibat terpapar polusi udara.

2. Menggunakan pelembap yang melindungi kulit

Dalam hal perlindungan kulit terhadap polusi udara, menggunakan pelembap yang dapat melindungi memiliki beberapa fungsi.

Pertama adalah untuk menciptakan pelindung fisik antara kulit dan polusi lingkungan.

Kemudian, membantu kulit kita memperbarui fungsi pelindung alaminya untuk melindungi dengan lebih baik dari polusi, iritasi eksternal, serta mengunci kelembaban secara optimal.

3. Memakai bahan anti-oksidan dan anti-inflamasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, produksi radikal bebas dan peradangan adalah dua cara utama polusi udara merusak kulit kita.

Jadi, menambahkan anti-oksidan topikal seperti vitamin C dan bahan anti-inflamasi seperti niacinamide ke dalam rutinitas kita dapat membantu membalikkan dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi udara.

Intinya, sementara perlindungan UV sangat penting untuk kesehatan kulit, banyak dari kita sering mengabaikan efek merusak yang dapat ditimbulkan oleh polusi udara pada kulit kita setiap hari.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk menambahkan anti-oksidan, bahan anti-inflamasi, dan pelembap pelindung ke rutinitas perawatan kulit untuk membantu kita mengurangi kerusakan kulit yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kenali, Garis-garis Halus dan Kerutan di Wajah serta Cara Mengatasinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com