Kompas.com - 23/05/2022, 14:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain sinar ultraviolet (UV) dari matahari, sering terpapar polusi udara juga bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan pada kesehatan kulit.

Paparan berulang polusi udara dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan bintik hitam dengan begitu cepat.

Namun, mekanisme pasti yang menyebabkan efek yang tidak diinginkan ini sebagian besar masih belum diketahui.

Meski begitu, para peneliti percaya bahwa polusi udara berdampak negatif pada kulit, terutama melalui penciptaan radikal bebas dan aktivasi jalur respons inflamasi.

Baca juga: Mengenal Jenis Kerutan dan Cara Mencegahnya

Cara melindungi kulit

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita ambil setiap hari untuk mengurangi dan memulihkan paparan polusi udara pada kulit kita.

Berdasarkan ulasan terbaru yang diterbitkan di Dermatologic Therapy, para peneliti menyoroti tiga langkah dalam rutinitas perawatan kulit kita sehari-hari yang sangat penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi udara.

Nah, dilansir dari laman Miami Herald, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi kulit dan mencegah kerutan di wajah akibat sering terpapar polusi udara.

1. Membersihkan wajah secara rutin

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin.

Sebab, dengan membersihkan kulit wajah secara konsisten, terutama di malam hari sebelum tidur, akan membantu mengurangi beban partikel yang menumpuk di kulit kita sepanjang hari.

Sehingga, proses ini juga dapat mengurangi efek merusak pada kulit wajah kita akibat terpapar polusi udara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.