Kompas.com - 23/05/2022, 21:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di tengah suasana pandemi yang belum usai, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya penemuan kasus monkeypox atau cacar monyet.

Kasus pertama cacar monyet di AS ditemukan baru-baru ini setelah seorang warga asal Massachusetts dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut.

Diketahui, penyakit monkeypox sudah menyebar ke berbagai negara di Amerika dan Eropa.

Di tahun 2021, dua orang yang bepergian dari Nigeria ke AS didiagnosis mengidap cacar monyet, seperti dilaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Lembaga itu melaporkan, kasus cacar monyet umumnya terkait dengan individu yang melakukan perjalanan ke luar negeri atau hewan impor yang terinfeksi cacar monyet.

Pada Kamis (19/5/2022) lalu, pemerintah Spanyol mengonfirmasi tujuh kasus cacar monyet di Madrid dan sedang menyelidiki 22 kasus lain.

Satu kasus cacar monyet dikonfirmasi di Italia, sedangkan pejabat kesehatan masyarakat Kanada tengah menyelidiki 17 kasus dugaan cacar monyet di wilayah Montreal.

Beberapa kasus cacar monyet juga ditemukan di negara lain di Eropa, Inggris.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah sudah ada kasus monkeypox?

Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com pada 21 Mei 2022, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril menegaskan, sampai sekarang belum dilaporkan adanya kasus cacar monyet di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.