Kompas.com - 24/05/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, berolahraga mungkin hanya sekadar aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Namun untuk Melanie Putria, berolahraga lebih dari aktivitas yang menyehatkan tubuh saja, tetapi juga bisa menjadi sarana untuk meminimalisir sampah di jalan.

Dalam acara lari bersama Adidas x Parley "Run for the Oceans" sejauh 5K di Bali, Senin (23/5/2022), presenter itu mengungkapkan bahwa lari membuatnya lebih sadar akan lingkungan di sekitar.

"Sekarang aku lari buat isu lingkungan, sesuatu yang berbeda lagi," terangnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Turun 7 Kg dalam 3 Minggu, Kim Kardashian Makan Tomat dan Lari

"Dan menurut aku, lari itu harus dibarengi dengan tujuan yang ingin dicapai. Nah, saat ini mungkin lebih pada melestarikan lingkungan dengan memungut sampah yang kita temui saat lari," sambung dia.

Dengan adanya kesadaran itu, Melanie pun mengatakan bahwa dia memang memiliki tanggung jawab secara pribadi untuk menerapkan kebiasaan memungut sampah saat lari.

Baca juga: Makin Ramah Lingkungan, 5 Langkah Mudah Mengelola Sampah di Rumah

"Jadi kalau aku menemukan sampah yang kira-kira masih bersih di jalan, misalnya kertas struk belanja atau plastik, biasanya akan aku taruh di tas sampai nanti menemukan tong sampah baru aku buang," terangnya.

Ilustrasi sampah, membuang sampah, memilah dan pengeloaan sampah.Shutterstock Ilustrasi sampah, membuang sampah, memilah dan pengeloaan sampah.
Selain menerapkan kebiasaan baik ini dalam aktivitas larinya, Melanie juga telah mengajarkan anaknya untuk lebih peduli terhadap lingkungan, dimulai dari membuang sampah pada tempatnya.

Di samping itu, dia juga sering mencontohkan berbagai macam perilaku yang ramah lingkungan di dalam rumah.

Baca juga: Cerita Melanie Putria yang Alami Baby Blues dan Pulih dengan Lari

"Aku juga mengajarkan anak bagaimana pentingnya membuang sama dengan benar dan sebisa mungkin menghindari sampah plastik," ungkapnya.

"Karena anak itu akan meniru perilaku apa yang dibuat olah orangtuanya. Maka dari itu, saya mencoba untuk berperilaku dengan lebih baik terhadap sampah yang ada di rumah dan mengelolanya dengan baik," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.