Kompas.com - 27/05/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Pelukan bagi banyak orang adalah tanda yang sangat berarti, seperti menunjukkan rasa cinta kepada pasangan atau rindu terhadap orangtua.

Lebih dari itu, pelukan juga mendatangkan beberapa manfaat yang membuat kita merasa lebih nyaman seperti yang terungkap dalam eksperimen Harry Harlow.

Dalam percobaannya, ia memisahkan anak monyet rhesus dari induknya. Kemudian, Harlow menawarkan anak monyet rhesus pada dua replika induk.

Replika induk pertama diberi kain untuk menutup tubuhnya tanpa makanan, sementara yang lain berupa rangka kawat dengan makanan untuk anak monyet rhesus.

Hasilnya adalah anak monyet rhesus lebih lengket dengan replika ibu berkain meski mengambil makanan dari replika ibu berkawat.

Nah, dari eksperimen itu peneliti bisa belajar bahwa manusia agaknya membutuhkan pelukan secara fisik dan emosional seperti si anak monyet rhesus.

Baca juga: Sadarilah, 10 Alasan untuk Lebih Banyak Berpelukan

Apabila kita ingin melakukan pelukan dengan pasangan atau orang lain, setidaknya terdapat lima manfaat yang bisa dirasakan. Berikut daftarnya.

1. Mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan

Tidak semua orang suka dipeluk atau disentuh dengan cara yang sama.

Tetapi secara umum, kontak fisik positif yang efektif bisa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

Hal itu bermanfaat mengatasi rasa kesepian dan stres kronis yang bisa mendatangkan bahaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.