Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

6 Manfaat Berkebun yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 28/05/2022, 09:16 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Libur akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai melepas penat setelah padat menjalani berbagai aktivitas.

Ada banyak kegiatan santai dan menyenangkan yang bisa kita lakukan untuk melepas penat di libur akhir pekan, salah satunya dengan berkebun.

Aktivitas yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik dan mental ini dapat dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga, seperti yang dilakukan oleh Aiman Witjaksono, seorang Jurnalis Senior dan Presenter Berita di Kompas TV.

Melalui siniar (podcast) miliknya bertajuk “Berkebun: Hobi Pelepas Penat”, Aiman bercerita seputar hobi berkebun yang ia geluti bersama keluarganya ini.

Bagi Aiman, berkebun tidak semata-mata dilakukan karena mengikuti tren semasa pandemi, tetapi juga menjadi wadah bagi dirinya dan keluarga untuk menyalurkan energi di rumah.

Manfaat Berkebun

Aktivitas berkebun yang Aiman lakukan nyatanya memiliki banyak sekali manfaat, seperti yang dikatakan oleh Seth J. Gillihan, PhD dari University of Pennsylvania Amerika Serikat, dalam artikel Psychology Today.

1. Belajar Menerima

Menurut Seth, penderitaan yang kita alami sebagian berasal dari keinginan untuk mengendalikan hal-hal yang mustahil. Keinginan ini lantas membuat pikiran dan hati kita kerap mengalami ketidaktenangan, kekhawatiran, hingga berujung pada penderitaan.

Seth mengatakan bahwa berkebun merupakan salah satu sarana berlatih untuk dapat mengatasi hal ini. Dengan berkebun, kita berusaha belajar untuk melepas dan memasrahkan tanaman untuk tumbuh.

Baca juga: Cara Menyuburkan dan Menetralkan Tanah untuk Berkebun

Meskipun demikian, bukan berarti dirinya hanya duduk manis saja menunggu tanaman-tanaman bertumbuh. Ia tetap berusaha mengatur apa yang bisa dikendalikan, seperti menyiapkan lingkungan terbaik untuk tanaman, menyiramnya setiap hari, dan merawatnya satu per satu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.